Draft Template Rencana Pembelajaran Semester (RPS) - Standar MBKM

 

Kurikulum Merdeka

Mariyudi.id - Lhokseumawe. Pandemi Virus Corona membuat adanya akselesrasi pada Inovasi Kampus Merdeka.

Munculnya kebijakan merdeka belajar bagi perguruan tinggi yang diiringi berita corona masuk ke Indonesia dan kemudian ada PSBB, membuat PJJ berjalan tidak normal, namun sekaligus mengalami akselerasi. Pelaksanakan PJJ mendadak diterapkan, namun ada ketidaksiapan kampus untuk memberikan layanan pembelajaran daring, karena jangkauan sinyal yang tidak merata. Namun hal tersebut meningkatkan kompetensi penguasaan teknologi dan metode pembelajaran kekinian di kalangan dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen.

Salah satu inovasi yang dapat dilakukan pada kampus merdeka, di perlukan inovasi dalam proses pembelajaran yang berujung pada publikasi ilmiah. Istilah SKS dalam kampus merdeka yang diubah kedalam jam kegiatan yang meliputi kegiatan belajar di kelas, magang pertukaran belajar, proyek di desa, wirausaha, riset, studi independen, dan mengajar di daerah terpencil, dapat di project yang berujung pada publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi. Tentunya semua dilakukan mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing.

Regulasi 1

Regulasi dan Panduan dari Negara tentang Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka:

1. Permendikbud nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

2. Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

3. Strategi Pengembangan RPS dalam Konteks Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

Idealnya penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) merupakan implementasi dari hasil monitoring dan evaluasi (MONEV) dari Satuan Penjaminan Mutu (SPM) sebagai tindak lanjut dalam evaluasi kurikulum setiap tahun. 

Hasil MONEV ini juga dijadikan update metodologi yang di RPS sebagai pengendalian dengan organ utama dari fungsionaris dari jajaran Ketua Prodi, Dekan, Wakil Rektor hingga Rektor dan pengendalian mutu pembelajaran melalui SPM.

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) disusun bagian dari rancangan pembelajaran, dituliskan lengkap untuk semua mata kuliah pada Program Studi, dan perangkat pembelajaran yang menyertainya (Rencana Tugas, Instrumen Penilaian dalam bentuk Rubrik dan atau Portofolio, Bahan Ajar, dll.). 

Regulasi 2

Regulasi dan panduan dari terkait hak belajar luar prodi:

1. Draft template RPS FEB Unimal - Standar APSMB

2. Draft template RPS FEB Unimal - Standar MBKM

3. Draft template RPS Kegiatan Pembelajaran Non-kuliah - Standar MBKM

Untuk bisa terimplementasi dengan baik dalam membuat RPS, perlu diberlakukan perjanjian kerja mulai dari Dosen kepada Kaprodi, Kaprodi kepada Dekan dan Dekan dengan Rektor sehingga dapat menghasilkan output terbaik dalam proses pembelajaran sesuai dengan standar pendidikan yang telah ditetapkan oleh SPMI baik secara kualitatif dan kuantitatif.

Prodi perlu melakukan diskusi dengan asosiasi terkait dalam peningkatan kekhasan Prodi sesuai dengan CPL (Capaian Pembelajaran) dan CPMK (Capaian Mata Kuliah). Dalam masa pandemi covid 19 untuk bisa memaksimalkan CPL dan CPMK perlu menyesuaikan dari Blended Learning (Bauran Pembelajaran) dari tatap muka yang diganti dengan media pembelajaran seperti Zoom, Google Meet, Whatsapp, Google Class Room maupun portal Universitas sehingga dalam kontextual pembalajaran perlu diupdate metodologi yang sesuai dengan project based learning di era kampus merdeka. Dalam penmbuatan tugas di era pandemi covid 19 perlu memberi pemahaman mahasiswa untuk bisa mengemukan sintesis nilai akhir dari pendapat dari Critical Book Review (CBR) dan Critical Journal Review (CJR) sesuai dengan CPL dan CPMK dari mata kuliah.

Tim Task Force Program Studi Manajemen FEB Unimal telah melakukan kajian, paparan  hingga finalisasi kurikulum. Tim Task Force menyelesaikan amanah tugas untuk memproses Finalisasi Review Kurikulum Kampus Merdeka (KKM) hingga dapat diimplementasikan ke para mahasiswa.

Semoga proses yang cukup panjang ini bermanfaat sebagai tanggung jawab kita agar para mahasiswa mendapatkan hak mereka.

Semoga.

Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Posting Komentar