Cara Pengumpulan Informasi dan Riset Pemasaran
Manajemen Pemasaran 02: Cara Pengumpulan informasi dan Riset Pemasaran
Lingkungan pemasaran berubah dengan kecepatan yang semakin meningkat, sehingga dibutuhkan informasi pasar yang seketika yang lebih besar dari pada diwaktu lalu.
Saat ini terjadi pergeseran yang hebat sekali: dari pemasaran lokal ke nasional dan akhirnya ke global, dari kebutuhan pembeli ke keinginan pembeli, dari persaingan harga ke persaingan non harga.
Ketika perusahaan memperluas pemasaran geografis mereka, para manajer membutuhkan lebih banyak informasi secara lebih cepat. Karena pendapatan meningkat, pembeli menjadi lebih selektif dalam memilih barang.
Untuk memprediksi tanggapan pembeli terhadap fitur, gaya, atribut lain yang berbeda- beda, penjual harus beralih ke riset pemasaran.
Intensitas yang semakin tinggi dalam penggunaan merek, diferensiasi produk, iklan, dan promosi penjualan, para pemasar membutuhkan informasi tentang efektivitas perangkat pemasaran mereka.
Besarnya peningkatan kebutuhan informasi itu telah mendorong munculnya teknologi informasi baru yang mengesankan, seperti: computer, televisi kabel, mesin foto copy, mesin fax, scanner, audio dan video recorder, video disc players, CD-ROM, camcorder, smartphone dan yang paling mengagumkan adalah internet.
Pelaku pemasaran di era global dihadapkan pada masalah kelebihan informasi dan kelangkaan informasi. Pemasar harus mengetahui ke mana harus mencari informasi, subyek apa yang harus dicakup, dan berbagai cara memperoleh informasi. Maka dari itu para pemasar harus mempelajari bagaimana cara mendapatkan informasi yang akurat.
Riset pemasaran adalah suatu peralatan yang dapat digunakan perusahaan untuk mencari tahu bagaimana hubungan antara perusahaan dengan target pasarnya.
Bila dilakukan dengan baik, riset dapat memberikan informasi apakah produk dan layanan yang disediakan perusahaan telah memuaskan konsumennya atau tidak.
Dengan riset, perusahaan dibantu untuk memahami perilaku konsumen. Dengan informasi ini, perusahaan dapat mengetahui apa yang sebaiknya perlu dilakukan ke depan.
Bila berjalan dengan baik tentu saja dapat meningkatkan profit, sikap, dan persepsi konsumen terhadap perusahaan.
Sumber: Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Ezinearticles, MArketeers.
Intro:
https://www.youtube.com/watch?v=OP5166C57VA
Virtual Studio:
https://www.youtube.com/watch?v=deIIZPKqWH8&t=23s
Music:
https://www.youtube.com/watch?v=9X9DoqLyd6g
Green Screen Transitions / Overlays / Effects:
https://www.youtube.com/watch?v=QEHklHKKGL4
Ending:
https://www.youtube.com/watch?v=-1d9bD1dRQA
Sistem Informasi Enterprise di Pizza Hut:
https://www.youtube.com/watch?v=8YeBTncHgH4
Riset Pasar:
https://www.youtube.com/watch?v=50QN0jugQZs
Video dan materi lain selengkapnya silahkan kunjungi laman:
https://www.mariyudi.id/
Download:
https://drive.google.com/open?id=1XxO_r5JJp8PpUhE0Hx0kumwvOGXlOcja
YouTube Channel:
Mariyudi. ID
Terima Kasih telah Menonton.
Jangan Lupa.... Like, Comment, Share dan Subscribe di Channel Saya:
https://youtu.be/Ana1Dlly4nE
Lingkungan pemasaran berubah dengan kecepatan yang semakin meningkat, sehingga dibutuhkan informasi pasar yang seketika yang lebih besar dari pada diwaktu lalu.
Saat ini terjadi pergeseran yang hebat sekali: dari pemasaran lokal ke nasional dan akhirnya ke global, dari kebutuhan pembeli ke keinginan pembeli, dari persaingan harga ke persaingan non harga.
Ketika perusahaan memperluas pemasaran geografis mereka, para manajer membutuhkan lebih banyak informasi secara lebih cepat. Karena pendapatan meningkat, pembeli menjadi lebih selektif dalam memilih barang.
Untuk memprediksi tanggapan pembeli terhadap fitur, gaya, atribut lain yang berbeda- beda, penjual harus beralih ke riset pemasaran.
Intensitas yang semakin tinggi dalam penggunaan merek, diferensiasi produk, iklan, dan promosi penjualan, para pemasar membutuhkan informasi tentang efektivitas perangkat pemasaran mereka.
Besarnya peningkatan kebutuhan informasi itu telah mendorong munculnya teknologi informasi baru yang mengesankan, seperti: computer, televisi kabel, mesin foto copy, mesin fax, scanner, audio dan video recorder, video disc players, CD-ROM, camcorder, smartphone dan yang paling mengagumkan adalah internet.
Pelaku pemasaran di era global dihadapkan pada masalah kelebihan informasi dan kelangkaan informasi. Pemasar harus mengetahui ke mana harus mencari informasi, subyek apa yang harus dicakup, dan berbagai cara memperoleh informasi. Maka dari itu para pemasar harus mempelajari bagaimana cara mendapatkan informasi yang akurat.
Riset pemasaran adalah suatu peralatan yang dapat digunakan perusahaan untuk mencari tahu bagaimana hubungan antara perusahaan dengan target pasarnya.
Bila dilakukan dengan baik, riset dapat memberikan informasi apakah produk dan layanan yang disediakan perusahaan telah memuaskan konsumennya atau tidak.
Dengan riset, perusahaan dibantu untuk memahami perilaku konsumen. Dengan informasi ini, perusahaan dapat mengetahui apa yang sebaiknya perlu dilakukan ke depan.
Bila berjalan dengan baik tentu saja dapat meningkatkan profit, sikap, dan persepsi konsumen terhadap perusahaan.
Sumber: Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Ezinearticles, MArketeers.
Intro:
https://www.youtube.com/watch?v=OP5166C57VA
Virtual Studio:
https://www.youtube.com/watch?v=deIIZPKqWH8&t=23s
Music:
https://www.youtube.com/watch?v=9X9DoqLyd6g
Green Screen Transitions / Overlays / Effects:
https://www.youtube.com/watch?v=QEHklHKKGL4
Ending:
https://www.youtube.com/watch?v=-1d9bD1dRQA
Sistem Informasi Enterprise di Pizza Hut:
https://www.youtube.com/watch?v=8YeBTncHgH4
Riset Pasar:
https://www.youtube.com/watch?v=50QN0jugQZs
Video dan materi lain selengkapnya silahkan kunjungi laman:
https://www.mariyudi.id/
Download:
https://drive.google.com/open?id=1XxO_r5JJp8PpUhE0Hx0kumwvOGXlOcja
YouTube Channel:
Mariyudi. ID
Terima Kasih telah Menonton.
Jangan Lupa.... Like, Comment, Share dan Subscribe di Channel Saya:
https://youtu.be/Ana1Dlly4nE
Kajian yg selalu menarik utk di perbincangkan....karena masalah yg selalu berkembang se iring kemajuan zaman
BalasHapusJelas sekali materinya. Kajian yg sangat menarik.
BalasHapusVideo bpk amazing
BalasHapusMantap sekali, kajian nya mengikuti perkembangan zaman,
BalasHapusWalaupun gk kuliah langsung dg tatap muka, materi yang disampaikan di sini Alhamdulillah bisa membantu dalam memahami mata kuliah yang bapak asuh
BalasHapusVidionya sangat membantu untuk menjelaskan slide demi slide namun ada 1 dan 2 slide lebih duluan hilang dari penjelasan vidionya. Ada satu pertanyaan Bapak, Mengapa si peneliti bisa biar dalam mealkukan interviewnya sedangkan si peneliti kan sudah lebih dahulu mempersiapkan materi interview atau angket penelitiannya. Mohon pencerahannya Bapak, Terima kasih pak.
BalasHapusVideo bpk sangat be4manfaat bg sy ..apalg sy yg blm pandai It.sy bisa belajar fyn bpk..
BalasHapusVideo bpk sangat bermanfaat untuk sy..apa lh sy yg blm pandai IT .SY BISA BELAJAR banyak dgn bpk terimakasih..
BalasHapusM.Dian
1902611101001
Video bpk sangat bermanfaat untuk sy..apa lh sy yg blm pandai IT .SY BISA BELAJAR banyak dgn bpk terimakasih..
BalasHapusM.Dian
1902611101001
Materi kuliah bagus dan sangat bermanfaat dalam aktivitas pemasaran dengan mengetahui informasi dan riset pasar
BalasHapusIda Ilnayanti
Nim 190261101037