Jalankan Pengabdian, Tim Unimal Tanam Bibit Pohon di Dayah Rahibul Mubtadi Al Azziziyah

 

Penanaman Pohon Secara Simbolis

Mariyudi.id - Lhokseumawe. Wabah pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang telah berlangsung hampir satu tahun di Indonesia menyebabkan terjadi keterbatasan aktifitas gerak masyarakat untuk berpergian ke luar kota ataupun berwisata.

Namun di sisi lain pandemi COVID-19 juga berdampak kepada masyarakat yang memiliki banyak waktu saat berada di rumah sehingga memunculkan hobi baru dengan melakukan aktifitas berkebun.

Hobi berkebun yang digandrungi di masa pandemi ini kemudian ditangkap oleh tim Universitas Malikussaleh (Unimal) untuk mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan mengadakan kegiatan penghijauan dan pemberian bibit tanaman produktif di Dayah Rahibul Mubtadi Al Azziziyah Dusun D Loh Tampue Desa Panggoi Kota Lhokseuamwe, Jumat dan Sabtu (19-20/11/2020).

Baca juga: Program PKW-CSR Tahun 2020

Foto Bersama Tim Pelaksana

Tim dosen yang terlibat yaitu sebagai ketua Dr. M. Sayuti, ST,M.Sc, dengan wakil dan sekretaris masing-masing Dr. Mariyudi, SE, MM dan Cindenia Puspasari, S.IP.,M.Soc.Sc. Pelaksanaan kegiatan melibatkan sejumlah dosen, mahasiswa dan warga masyarakat setempat.

Menurut M. Sayuti, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam kegiatan penghijauan dan kontribusi nyata civitas akademika Unimal bagi masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas Tri Darma Perguruan Tinggi.

"Di saat pandemi Corona hobi berkebun banyak dilakukan warga, sehingga kami berinisiatif mengadakan kegiatan pengabdian dengan memberikan pengetahuan kepada warga dayah tentang cara penghijauan, bercocok tanam, pemupukan, perawatan tanaman, dan lain-lain," ujar M. Sayuti yang juga dosen Fakultas Teknik Unimal.

Tgk. Muchlis, S.Sos selaku pimpinan dayah menyambut baik pelaksanaan kegiatan penghijaun ini, sebagaimana disampaikan Tgk. Ikram dalam sambutannya bahwa dengan diadakannya kegiatan penanaman bibit pohon ini, warga dayah dan masyarakat mampu menghasilkan buah-buahan yang siap untuk dijual serta mampu meningkatkan rasa tanggung jawab dalam menjaga lingkungan agar tetap hijau. Pimpinan Dayah Rahibul Muhtadi Al Azziziyah juga mengharapkan agar kampus dapat menjadi mitra strategis dalam pembangunan dan revolusi akhlak santri serta masyarakat secara lebih luas.

Baca juga: Modernisasi Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi COVID-19

Penyerahan Bibit dan Sertifikat

Di saat melakukan pengabdian ini tim unimal yang beranggotakan dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa UKM KSM Creative Minority menyerahkan batang bibit tanaman produktif berbagai jenis, diantaranya, Jambu Madu, Alpukat, Nangka, Petai, Mangga dan lain-lain.

Baca juga: Mariyudi Peduli: Situasi Terkini Perkembangan COVID-19

Ditempat terpisah Rektor Unimal, Dr. Herman Fithra menyatakan untuk langkah pengabdian dalam bentuk penghijauan, pihak kampus Unimal mengusahakan menggandeng lembaga lain. Misalnya kalangan akademisi dan instansi yang ada di Provinsi Aceh untuk melakukan kegiatan CSR berupa menyumbang bibit pohon. “Kali ini ada sumbangan dari BP. DAS Krueng Aceh, kami sangat berterima kasih. Warga pun menyambutnya dengan antusias yakni melakukan kerjabakti bersama, budaya gotong royong dan rasa kebersamaan antar warga di Desa Panggoi ini memang sangat tinggi,” jelasnya.

Beliau mengharapkan kehadiran program pengabdian kepada masyarakat dapat menjembatani bahkan menjadi pemicu perkembangan produk lokal di pasar global terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini. 

(Yd)

Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

2 komentar

  1. Masyaallah.....
    Luaar biasa kegiatan mulia pihak unimal ya pak๐Ÿ™๐Ÿ™
    Boleh usul ngak pak, kebetulan anak sy saat ini belajar tahfiz qur'an di MATAQU Usman bin Affan kota lhokseumawe, dan saat ini mereka realokasi baru ke alue lim, blang mangat kota lhokseumawe.
    Menurut saya dayah MATAQU masih sangat gersang, boleh tidak kita usulkan untuk pihak unimal planingkan kegiatan penghijauan spt yg di sebut di artikel bapak di atas๐Ÿค—๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah kita programkan kembali buk. Tahun ini masih tersisa program di Dayah An Nahla. Mohon doanya semoga bisa berjalan dengan baik.

      Hapus