Program PKW-CSR Tahun 2020



Klik link Youtube: https://youtu.be/Q441bi5a7yo

Saat ini Indonesia termasuk salah satu  negara yang mengalami kasus infeksi COVID-19. Wabah COVID-19 tidak saja menimbulkan penderitaan kemanusiaan dan sosial, namun telah menjadi sebuah guncangan ekonomi, dampak dari pekerja yang tidak dapat melakukan pekerjaannya secara optimal di semua sektor ekonomi. 
Kawasan PKW yang membentang di sepanjang garis pantai Kota Lhokseumawe merupakan zona potensial yang sangat strategis dan memegang peranan penting bagi pengembangan wisata desa, kerajinan kreatif-inovatif, jasa wisata dan perikanan sebagai sumber kehidupan  masyarakat di Kecamatan Banda Sakti. 
Meskipun demikian pengembangan kawasan tersebut dirasa belum mampu melepaskan masyarakat dari berbagai permasalahan baik kesehatan, kemiskinan, pendidikan, perikanan, kepariwisataan, potensi penyebaran penyakit sosial, dan sosio-ekonomi-politik. 


Kegiatan Program Kemitraan Wilayah (PKW CSR) di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh, terfokus pada desa CSR PT. Pertamina (Persero) TBBM Lhokseumawe, yakni Desa Hagu Selatan bertujuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dapat terciptanya kemandirian, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat melalui sinergi kepakaran masyarakat perguruan tinggi, kemampuan CSR dan potensi masyarakat. 

Metode pelaksanaan PKW dalam pemberdayaan masyarakat  menggunakan  pendekatan SLA (Sustainable Livelihoods Approach) dengan melibatkan seluruh stakeholder baik tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pemerintah di tingkat desa, kecamatan, Pemerintah Kota Lhokseumawe, akademisi, LSM, PT. Pertamina (Persero) TBBM Lhokseumawe dan OLG Indonesia

Program kerja disusun dengan mempertimbangkan seluruh permasalahan yang ada termasuk didalamnya permasalahan Pemerintah Kota Lhokseumawe, CSR dan juga permasalahan wilayah. 


Rangkaian kegiatan

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada tahun kedua ini meliputi: 
  1. Identifikasi site plan pengembangan kawasan: Mapping sentra produksi ekonomi dan kerajinan,
  2. Pemasangan Paket Instalasi Fasilitas Cuci Tangan Program Gampong Tangguh Covid-19, 
  3. Sosialisasi Program Pembentukan Gampong Tangguh Covid-19, 
  4. Pelatihan Pemasaran Online: Berjualan Tanpa Modal di Masa Pandemi Covid-19, 
  5. Pelatihan Komputer Bagi Aparatur Gampong: Program Gampong Tangguh Covid-19, 
  6. Penguatan lembaga perekonomian rakyat berlandaskan kepada kearifan lokal, dan 
  7. Mendorong terbitnya Peraturan Desa (Qanun) tentang: Pembentukan dan Tata kelola BUMG. 


Luaran (output) Kegiatan

Luaran wajib yang menjadi target kegiatan ini adalah: 
  1. Publikasi pada Jurnal Nasional Terakreditasi, 
  2. Publikasi pada Prosiding Internasional, 
  3. Publikasi pada media massa cetak/elektronik,  
  4. Dokumentasi video pelaksanaan kegiatan, dan 
  5. Peningkatan keberdayaan mitra. 
Target luaran tambahan adalah: 
  1. Kekayaan Intelektual (KI) berupa Hak Cipta, 
  2. Laporan Rekayasa Sosial, dan 
  3. Bahan Ajar. 

Sasaran

Kegiatan PKW selama tiga tahun ini diharapkan dapat mencapai sasaran berupa: terciptanya perubahan mindset, attitude, dan behaviour serta terciptanya masyarakat mandiri dan partisipatif dalam melaksanakan pembangunan daerah secara berkelanjutan dalam rangka peningkatan daya saing wilayah, peningkatan kualitas tata kelola pembangunan wilayah, perbaikan tata nilai masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Kegiatan yang mendapat dukungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional ini terlaksana berkat kerjasama yang baik antara: Universitas Malikussaleh, Politeknik Negeri Lhokseumawe, OLG Indonesia, Pemerintah Gampong Hagu Selatan, dan Pemerintah Kota Lhokseumawe serta berbagai pihak dengan fungsi dan peran yang berbeda. Penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat dan turut mensukseskan kegiatan mulia ini.


Semoga program pengabdian kepada masyarakat ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Semoga.

Pelaksana: 


  1. Dr. MARIYUDI, SE, MM (Ketua), 
  2. Dr. M. SAYUTI S.T, M.Sc (Anggota 1), 
  3. Dr. HENDRA RAZA, SE., M.Si. Ak., CA (Anggota 2), 

  1. ELWINA S.T, M.T (Anggota 3)

Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Posting Komentar