7 Tips Cerdas Memenangkan Hibah Penelitian

7 Tips Cerdas Menyusun dan Memenangkan Hibah Penelitian

Mariyudi.id – Setiap memasuki pertengahan tahun, berbagai donatur baik dari instansi pemerintah, swasta maupun lembaga riset lainnya kerap membuka kesempatan pendanaan dalam bentuk hibah penelitian (Research Grant). Dimasa itu pula, para peneliti (terutama peneliti pemula) menghadapi permasalahan terkait mekanisme dan tata cara menyusun proposal hibah penelitian yang efektif dan tentunya memperoleh pendanaan secara penuh. 

Ditambah lagi tingginya beban output yang harus dipenuhi pada sesi terakhir penelitian tersebut dijalankan.  Fakta rendahnya publikasi ilmiah yang diterbitkan para peneliti Indonesia mengindikasikan rendahnya pemahaman dan juga minat melakukan riset. Data Science and Technology Index (Sinta) menunjukkan bahwa Hingga akhir 2019, dari 4.607 perguruan tinggi serta 177.000 dosen dan peneliti yang terdaftar di Sinta, Indonesia hanya mampu menghasilkan 34.007 jurnal terindeks dan bereputasi (termasuk Scopus).

Berikut kami sajikan Tips Cerdas Menyusun Proposal dan Memenangkan Hibah Penelitian agar dapat menjadi panduan bagi para peneliti, terutama peneliti pemula:

Yang Perlu Diketahui Sebelum Anda Mulai Menyusun Proposal

Percaya atau tidak, sebagian besar tugas yang perlu Anda lakukan sebelum Anda benar-benar mulai menyusun proposal. Beberapa hibah penelitian (Research Grant) membutuhkan kesabaran dan perhatian lebih dari sekedar inspirasi dan kreativitas.

Ikuti petunjuk yang ada pada Buku Pedoman


Langkah Pertama dan Paling Utama: Ikuti Petunjuk

Perlu diketahui bahwa, delapan puluh persen dari proposal hibah yang diajukan langsung ditolak oleh pihak donatur (Dickey 2003). Untuk menghindari proposal Anda dibuang percuma, baca dan pahami parameter hibah dengan cermat. Tinjau kembali petunjuk yang ada pada panduan pengusulan proposal, seperti: tenggat waktu, disiplin akademik yang ditargetkan atau tingkat pendidikan yang diperlukan. Tetapi beberapa hal mungkin sangat spesifik, jadi silakan dan luangkan waktu untuk membacanya kembali secara menyeluruh terutama berhubungan dengan:

  • Apakah ada batasan geografis?, 
  • Apakah organisasi Anda memenuhi persyaratan kelayakan?, dan 
  • Apakah waktunya realistis?. 

Jika peluang pendanaan tampaknya sesuai, pikirkan tentang cara membingkai proposal Anda sesuai dengan prioritas pemberi hibah. 

"Penelusuran yang cermat terhadap situs web lembaga pemberi dana  dapat membantu peneliti dalam mempersiapkan proposal," Communications Officer - the California Wellness Foundation. 

Saat membaca panduan, pastikan untuk membaca dengan seksama dan langsung ikuti semua bagian dari petunjuk yang ada. Jika sebuah contoh diberikan, itu karena suatu alasan. Uraian yang Anda berikan harus mengikuti format yang sama dengan panduan.

Periksa juga tata bahasa dan ejaan dua hingga tiga kali. Mungkin membantu untuk terlebih dahulu menulis proposal Anda pada dokumen yang terpisah sebelum menyalin dan menempatkannya ke dalam template yang disediakan. 

Perhatikan batasan jumlah karakter. Mintalah anggota peneliti lain untuk mendapatkan komentar terhadap “ide” rancangan proposal Anda.

7 Tips Penting dan Cerdas dalam Menyusun dan Memenangkan Hibah Penelitian

Sebelum memulai menulis proposal, Anda harus membaca deskripsi dan petunjuk dengan cermat. 

“Jika Anda tidak benar-benar tepat dengan apa yang mereka cari, mungkin tidak ada gunanya mengusulkan proposal hibah,” (Ball, yang mempelajari lebih dari 200 halaman materi proposal). 

Para Ilmuwan dan peneliti berpengalaman menyarankan untuk mempelajari beberapa proposal yang berhasil, yang seringkali dapat diperoleh dari kolega dan supervisor tepercaya, perpustakaan universitas, atau database online. Situs web Open Grants, menyediakan lebih dari 200 proposal hibah, baik yang berhasil maupun yang tidak berhasil, yang bebas untuk dibaca.

“Begitu Anda mendapatkan undangan untuk mengajukan proposal dari penyedia program, peluang Anda untuk mendapatkan dana sangatlah tinggi,” (Amanda Stanley, executive director - COMPASS).

Ketika Anda telah merencanakan, menelusuri dan memahami panduannya... sekarang saatnya untuk menulis. Proposal yang ditulis dan diformat dengan baik adalah kunci penting untuk sukses. Ingat, Sesuai format!

TIPS # 1: Buatlah Tujuan Penelitian Anda Lebih Realistis

Hindari untuk mengusulkan lebih banyak pekerjaan daripada yang dapat Anda lakukan secara wajar selama periode yang diusulkan. Sebelum Anda mulai menulis proposal, pastikan bahwa personel memiliki keahlian/kompetensi ilmiah yang sesuai. Pertimbangkan pula tentang anggaran dan bagaimana kaitannya dengan rencana penelitian Anda. Ingatlah bahwa segala sesuatu dalam anggaran harus disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda usulkan untuk dilakukan.

Research Logic Model 


TIPS #2: Terorganisir dan Logis

Mengapaharus terorganisir dan logis? Reviewer terbiasa menemukan informasi di bagian tertentu dari usulan proposal. Mulailah dengan outline, mengikuti tahapan penyusunan proposal yang disarankan. Proses berpikir haruslah mudah diikuti.

a. Tulis judul yang jelas.

  • Judul yang baik haruslah spesifik dan informatif, dan terhindar dari redudansi. Gunakan sub-judul, paragraf pendek, dan teknik lain untuk semudah mungkin dinavigasikan. 

b. Bagian utama.

  • Untuk membantu reviewer memahami informasi yang kompleks, gunakan diagram, gambar dan tabel, dan sertakan legenda lain yang sesuai. Pastikan gambar dan label dapat dibaca dalam ukuran yang ideal untuk melengkapi teks dan disisipkan dengan tepat. 
  • Gunakan daftar bernomor (numbering) dan daftar berbutir (bullet) secara efektif. Indentasi dan cetak tebal sangat membantu keterbacaan. Huruf tebal menyoroti konsep utama dan memungkinkan reviewer memindai halaman dan mengambil informasi dengan cepat.

TIPS #3: Tulis dalam Bahasa Ringkas yang Jelas

Mengapa sebuah proposal hibah perlu ditulis dalam bahasa ringkas yang jelas?. Disaat yang sama Reviewer harus membaca dan mempelajari 10-30 proposal dengan sangat rinci sehingga proposal Anda memiliki peluang lebih besar untuk berhasil jika ditulis dengan baik dan mudah dibaca.

  • Tulislah kalimat topik yang jelas untuk setiap paragraf dengan satu pokok pikiran atau gagasan utama. Ini adalah kunci untuk keterbacaan!.
  • Buat poin Anda sejelas mungkin. Hindari jargon atau bahasa yang berlebihan.
  • Tulis kalimat secara sederhana dan jelas, masing-masing kalimat berisi tidak lebih dari 20.
  • Konsisten dengan istilah, referensi, dan gaya penulisan.
  • Gunakan kalimat pasif, bukan aktif. Misalnya, tuliskan "Sebuah eksperimen akan dikembangkan." bukan "Kami akan mengembangkan eksperimen,”
  • Eja semua akronim pada referensi pertama.
  • Jika menulis bukan keahlian Anda, segera cari bantuan! 

TIPS #4: Jual Ide Anda di Proposal

Calon peneliti harus dapat menarik perhatian reviewer dengan membuat alasan mengapa harus mendanai penelitian Anda!. 

  • Sertakan informasi latar belakang yang cukup untuk memungkinkan pembaca cerdas memahami pekerjaan yang Anda usulkan. 
  • Uraikan pendekatan baru apa pun untuk memecahkan masalah yang akan diadopsi proyek penelitian Anda.
  • Tunjukkan bahwa Anda memiliki peralatan dan dukungan yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek dengan sukses. Detailkan kemungkinan dana awal yang mungkin Anda terima dari pihak lain.
  • Dukung ide Anda dengan mitra atau kolaborator yang memiliki keahlian yang bermanfaat bagi proyek penelitian.
  • Setiap proposal proyek penelitian harus disertai dengan  the Corporation for National & Community Service sebagai ukuran kinerja pelengkap. Setidaknya ada dua jenis ukuran kinerja: Outputs dan Outcome.
  • Berikan detail spesifik tentang faktor dampak jurnal, kontribusi Anda, keterlibatan komunitas dan bukti apa pun tentang bagaimana proposal Anda berkontribusi di lapangan. 
  • Berikan anggaran biaya yang tepat dan sesuai.
  • Berikan timeline yang realistis untuk menunjukkan kepada reviewer bahwa tujuan Anda dapat dicapai dalam waktu yang dibutuhkan.
  • Berikan daftar pustaka dari setiap referensi yang dikutip dalam proposal penelitian. Referensi haruslah relevan dan up to date. Pastikan bahwa hanya kutipan bibliografi yang disertakan dalam daftar pustaka. 

TIPS #5: Edit Proposal Anda, dan juga Minta Bantuan

Anda kemungkinan besar telah menemukan kata, kalimat, dan paragraf yang sama berulang kali. Izinkan seseorang dengan pandangan baru untuk membaca konten proposal Anda, memeriksa tanda baca, dan memberi Anda umpan balik tentang apakah konten tersebut telah ditulis dengan baik atau tidak.

  • Tidak ada toleransi untuk kesalahan ketik, salah eja, kesalahan tata bahasa, atau format yang ceroboh. Proposal yang ceroboh atau tidak terorganisir dapat menyebabkan reviewer menyimpulkan bahwa penelitian Anda akan dilakukan dengan cara yang sama.
  • Ingat Detailnya!. Ada persyaratan format, seperti ukuran font, margin, spasi, gambar dan tabel. Pastikan Anda sudah familiar dengan hal tersebut sebelum mengirimkan proposal Anda tentunya tidak ingin proposal Anda ditolak!.
  • Jika lebih dari satu peneliti berkontribusi pada penulisan, akan sangat membantu jika ada satu orang editor yang bertugas tidak hanya meninjau kesalahan tanda baca, tetapi memastikan bahwa proposal memiliki gaya penulisan yang konsisten.
Evaluasi pada setiap tahapan riset

TIPS # 6: Tinjauan untuk Komentar

Luangkan waktu untuk review internal oleh kolaborator, kolega, mentor dan melakukan revisi/edit dari review tersebut. Jika memungkinkan, mintalah para ahli di bidang Anda dan mereka yang kurang akrab dengan sains Anda untuk memberikan umpan balik.

Sebelum pengajuan, periksa seluruh proposal hibah untuk terakhir kalinya. Ingat, Anda menginginkan proposal yang meyakinkan yang juga diformat sesuai dengan pedoman, bebas kesalahan tanda baca, jelas untuk dibaca, dan to the point!.

TIPS # 7: Final Check

Baik! Proposal Anda sudah selesai dan siap untuk mengirimkan. Sebelum mengirimkannya, ambil satu kesempatan terakhir untuk memeriksa poin-poin ini:

  • Jangan lupa untuk mengoreksi pekerjaan Anda!
  • Pastikan semua dokumen telah disertakan!
  • Untuk mengurangi kemungkinan hilangnya file, beri nama file Anda dengan benar sesuai petunjuk buku pedoman!
  • Last, but not the least: jangan mengirim proposal pada menit terakhir sebelum deadline. Cobalah untuk mengirim proposal Anda sebelumnya!. Penyelenggara akan memiliki lebih banyak waktu untuk Anda dan bahkan dapat menindaklanjuti kemungkinan dokumen yang hilang.
Untuk memudahkan kerja Anda, silahkan download beberapa contoh berikut:
ğŸŽ¯    Contoh Roadmap Penelitian 1 
ğŸŽ¯    Contoh Roadmap Penelitian 2 
ğŸŽ¯    Contoh Roadmap Penelitian - Fishbone Diagram 
ğŸŽ¯    Contoh Roadmap Pengembangan Program 
ğŸŽ¯    Contoh Bagan Alir Penelitian - Mono Tahun 
ğŸŽ¯    Contoh Bagan Alir Penelitian - Multi Tahun 
ğŸŽ¯    Contoh Jadwal Kerja Penelitian 

Setiap organisasi pendanaan memiliki persyaratan yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!

Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

35 komentar

  1. Pak, poin apa saja yang perlu di perhatikan dalam proposal supaya Proposal kita Diterima?

    BalasHapus
  2. Pak, poin apa saja yang perlu di perhatikan dalam proposal supaya Proposal kita Diterima?

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum pak saya meritha Ramadhani (180410065), saya ingin berterima kasih untuk materinya yang menambah wawasan saya dan materi tersebut juga adalah yang saya sangat perlukan saat ini.

    BalasHapus
  4. Terima kasih pak, berkat materi ini saya dengan mudah dapat memahami cara membuat proposal yang benar

    BalasHapus
  5. Terima kasih pak, berkat tata cara membuat hibah penelitian ini sayaa jadi tau cara untuk membuat proposal yang baik dan benar

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum pak,saya Lili Mariana (180410184) mengucapkan terima kasih atas materi yang Bapak beri. Saya akan mengimplementasikannya dalam pembuatan proposal skripsi saya nanti supaya mudah diterima. Aamiin

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum pak, saya Iqbal hakiki (180410042) terimakasih untuk penjelasan hibah penelitian/proposal di atas penjelasannya sangat baik dan mudah, namun sedikit pertanyaan pak, bagaimana cara yang mudah dan sistematis dalam menganalisis masalah di latar belakang, supaya latar belakang masalah tidak melebar kemana-mana?

    BalasHapus
  9. Terimakasih pak berkat tips cerdas hibah penelitian ini saya jadi tau bagaimana cara membuat proposal yang

    BalasHapus
  10. Trimaksh banyak pak atas materi yang bapak berikan, smoga tips dan trik yg bpk tulis bisa bermanfaat bagi pembaca dan smoga dapat menanbah wawasan pengetahuan saya

    BalasHapus
  11. Salam pak, saya rahmaniati 180410166

    Trimaksh banyak pak atas materi yang bapak berikan, smoga tips dan trik yg bpk tulis bisa bermanfaat bagi pembaca dan smoga dapat menanbah wawasan pengetahuan saya

    BalasHapus

  12. Assalamualaikum pak saya Diaurrahmi (180410013)terimakasih banyak pak untuk bahan materi yang bapak berikan di atas,sangat bermanfaat untuk pembuatan penelitian proposal skripsi saya nantinya.

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum pak , saya Erlina Sri Amanda (180410027)

    Terima kasih banyak pak atas materi yang bapak berikan sangat jelas dan mudah untuk dipahami sehingga dapat memudahkan kami dalam membuat proposal skripsi nantinya .

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum pak saya Vivi Mardiana Saragih (180410175)

    Terimakasih sebelumnya pak atas tips-tips yang telah bapak berikan karna hal ini sangat membantu saya dalam penulisan proposal skripsi yang lebih bagus lagi. Dari sini saya belajar tentang bagaimana caranya membuat proposal yang baik dan benar dengan cara memperhatikan langkah-langkah dari awal sampek akhir

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum pak, saya Afriyana

    Terimakasih atas bahan materi nya, ini akan sangat bermanfaat bagi kami

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum pak
    Terimakasih pak,tips yang bapak bagikan sangat bermanfaat bagi saya untuk menulis proposal dengan benar. Dan juga dapat menambah wawasan baru untuk saya.

    BalasHapus
  19. Terimakasih banyak pak atas tips cerdasnya, jadi nambah wawasan nih
    - Fitria Zaitun Nisa (180410001)

    BalasHapus
  20. Terimakasih pak, penjelesannya sangat membantu untuk membuat saya proposal

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum pak, memang saat ini minat penelitian masih kurang. Namun juga kurangnya sosialisasi dan coaching klinik tentang penelitan belum banyak diadakan terhadap mahasiswa. Semoga dengan sinerginya semangat antar mahasiswa dengan pemberi pendanaan penelitian akan menambah jumlah penelitian diindonesia.
    Terima kasih ilmunya pak

    BalasHapus
  22. Alhamdulilah terimakasih pak ilmunya sangat beeguna, dan mudah di pahami

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum pak saya Vivi Mardiana Saragih ( 180410175 )

    Terimakasih sebelumnya atas tips -tips yang telah bapak berikan tipsnya sangat mudah di mengerti karna hal ini sangat membantu saya dalam membuat proposal skripsi yang lebih bagus lagi dari sini saya belajar bagaimana cara pembuatan skripsi yang baik dan benar dengan cara memperhatikan langkah-langkah dari awal sampek akhir

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum pak
    Saya Aulia rinaldi
    180410169
    Terima kasih pak
    Info dan tipsnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  26. Terimakasih Pak info dan tipsnya sangat bermanfaat 😊

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Ilmu yang sangat bermanfaat,terimakasih pak! Mungkin orang orang yang masih awam tentang hibah penelitian,setelah membaca blog ini bisa lebih luas mengetahui & bisa memenangkan hibah penelitian kelak.

    BalasHapus
  29. Said Abdillah (180410156)
    Terima kasih bapak, berkat artikel ini saya jadi tau bagaimana cara membuat dan menyusun proposal yang baik dan benar.

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum wr.wb
    Pak, Jika seadaisean Penelitian kita bertujuan pada aspek Yang berhubungan dengan brand image di dunia marketing Bagaimana cara menjangkau pasarnya pak?

    BalasHapus
  31. terimakasih banyak pak untuk bahan materi yang bapak berikan ini, sangat bermanfaat untuk pembuatan penelitian proposal skripsi saya nantinya.

    BalasHapus
  32. Ilmu yang sangat bermanfaat, terimakasih banyak pak.
    Saya Hasvinsa Mahra dengan NIM 180410247.

    BalasHapus
  33. Ariyan ashari (180410190)

    Luaran dalam penelitian hibah penelitian menjadi unsur yang penting untuk didanai atau tidaknya suatu proposal penelitian. Dari luaran penelitian diharapkan diperoleh artikel yang diterbitkan oleh jurnal internasional bereputasi, hak kekayaan intelektual, model atau prototipe, buku ajar dn sebagai nya. Luaran penelitian tersebut sangat penting bagi dosen (peneliti) sebagai hasil karya yang akan menunjang dalam kenaikan jabatan fungsional akademik dosen maupun institusi dalam hal akreditasi baik program studi maupun universitas.

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum pak, saya Rio wiratama dengan Nim 180410240
    Sangat berterima kasih kepada bapak dan ilmu yang telah berikan beserta website yang sangat bermanfaat bagi kami untuk memperkaya intelektual kami, terima kasih pak 🙏🙏

    BalasHapus