Daftar International Conference Bereputasi 2022/2023/2024

 

International Conference

Mariyudi.id - Sudah umum diterima masyarakat akademik bahwa menghadiri konferensi adalah cara yang baik untuk mengetahui studi dan ide terbaru dari bidang yang digeluti. Konferensi juga merupakan cara untuk mendapatkan interaksi tatap muka dengan para pemimpin di salah satu bidang , dan bagi mereka yang baru memulai di dunia akademis, konferensi adalah cara untuk mendapatkan nasihat dan bimbingan yang berharga. 

Kegiatan utama dalam kehidupan seorang akademisi atau mahasiswa pascasarjana, adalah seminar atau konferensi profesional. 

International Conference IAC-MEBM in Vienna 2019

Selain itu, konferensi juga merupakan cara untuk memulai kolaborasi dalam makalah atau proyek, dan untuk lebih secara langsung memajukan karir Anda dengan mencari posisi baru atau untuk membangun program Anda dengan menggunakan pertemuan ilmiah ini untuk merekrut alumni, mahasiswa, atau peserta magang atau bahkan untuk menghasilkan uang, dengan menjual teknologi atau perangkat lunak baru kepada praktisi. Konferensi adalah sumber yang tak ternilai bagi akademisi di luar hanya presentasi konferensi itu sendiri.

Selain itu fakta bahwa poster dan presentasi singkat (short presentation) sering menjadi cara terbaik dan paling efektif untuk menyajikan beberapa data, dan memungkinkan lebih banyak interaksi dengan rekan-rekan yang tertarik.

Kenyataan menunjukkan bahwa konferensi adalah pengalaman belajar dan sekaligus pelatihan, bukan hanya jalan untuk mempresentasikan penelitian Anda. Meskipun demikian, melihat keindahan dan panorama belahan dunia lain tetap menjadi hal yang mengasikkan.

Conference Sambil Menikmati Pesona Negeri

Pandemi COVID-19 yang mengharuskan setiap orang untuk membatasi pergerakan dan perjalanan serta teknologi yang berubah dengan cepat untuk membuat pertemuan global melahirkan pendekatan baru secara virtual yang lebih mudah diakses tanpa meninggalkan rumah atau kantor. Konferensi video (Video conference), “Google + Hangouts,” pesan instan, dan streaming langsung telah menjadi norma bagi bisnis modern. Ini sangat bermanfaat untuk komunikasi dan mereka yang tidak dapat bepergian karena alasan kesehatan, fisik dan keuangan. 

Maka tidak mengherankan bahwa beberapa peminat menganjurkan pertukaran kehadiran langsung di konferensi dengan kehadiran virtual. Namun, advokasi seperti itu lagi-lagi merupakan posisi yang tidak selalu mempertimbangkan manfaat dari kehadiran langsung di konferensi.

Reputasi Akademik  Merupakan 'Keunggulan Kompetitif'

Reputasi akademik yang baik (good academic reputation) adalah faktor terpenting yang mempengaruhi keputusan prospektif  dan keunggulan kompetitif. (American Freshman: National Norms Fall 2013)

Menurut penelitian dari Gatfield, Barker dan Graham: prestise, atau reputasi kualitas suatu institusi perguruan tinggi seringkali lebih penting daripada kualitas sebenarnya, karena mewakili keunggulan yang dirasakan dari institusi yang memandu keputusan calon siswa untuk mendaftar ke lembaga tersebut.

Membangun identitas yang dihormati, dalam konteks ini memberikan keunggulan kompetitif bagi institusi perguruan tinggi.

Membantu Meningkatkan Internasionalisasi

Saat ini membangun profil internasional menjadi lebih diprioritaskan daripada mencapai standar keunggulan internasional dalam mencari pengakuan kelas dunia. Pengembangan status dan branding terkait erat dengan alasan di balik keputusan internasionalisasi.

International Conference juga ajang silaturrahmi lho!

Sementara beberapa perguruan tinggi mendapat manfaat dari memperkuat brand mereka secara internasional, perguruan tinggi di negara berkembang mendapat manfaat dari hosting misalnya kampus lepas pantai dan program lintas batas, yang dapat memenuhi permintaan domestik.

Terlepas dari perdebatan perlu tidaknya International Conference atau International Journal yang terindeks Scopus atau bukan Scopus, berikut adalah beberapa alternatif pilihan yang menarik bagi Anda yang berminat untuk mengikuti International Conference baik secara langsung maupun video conference:

Scopus Conferences 2022/2023/2024 

Scopus Conferences in Indonesia 2022/2023/2024 

Science Conferences 

Scientific Conference 2022 


Ikuti juga: Rekomendasi Situs Web Penting Untuk Civitas Akademika

Baca selengkapnya: Syarat Pengajuan Guru Besar dan Lektor Kepala Sekarang Lebih Fleksibel

Baca juga: Memahami Novelty, State of the Art, dan Research Gap

Materi lainnya: Materi Kuliah

Ikuti juga: Disruptive Innovation

Baca selengkapnya: Strategi Digital Marketing bagi UMKM

Setiap orang mengalami permasalahan dan kondisi yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang dapat membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!


Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Posting Komentar