Memahami Novelty, State of the Art, dan Research Gap

Memahami Novelty, State of the Art, dan Research Gap

Mariyudi.id - Jika Anda seorang peneliti muda, atau bahkan masih dalam tahap menyelesaikan studi, Anda mungkin saja akan mengalami kesulitan dalam membedakan makna dari tiga istilah tersebut, apalagi jika lingkungan akademik yang berkisar pada topik penelitian tertentu atau sedikit banyak terpengaruh dengan minat supervisor dan kolega.

Tidak sedikit peneliti dan mahasiswa pada berbagai jenjang (S1, S2 dan S3) kebingungan untuk menyelesaikan proposal penelitiannya bahkan terlanjur “mencampakkan” agenda mulia ini. Pada kasus mahasiswa bimbingan skripsi atau tesis, mereka bahkan “menghilang” tak tentu rimbanya atau bahkan tugas akhir yang mendapat “pukulan KO” dari para dosen pembahas yang pastinya dapat berakibat fatal bagi kesehatan mental mereka dalam jangka panjang. 

Tulisan ini merupakan pengalaman penulis, terutama saat menempuh pendidikan doktoral (S3) di Universiti Utara Malaysia, workshop dan training, dan juga kesempatan memenangkan beberapa hibah penelitian baik yang diselenggarakan Dikti maupun lembaga donor lainnya.

Novelty

Novelty
Kebaruan (novelty) sebuah penelitian dapat memiliki definisi yang sangat luas. Sebagaimana disampaikan oleh Barak A Cohen (2017) “Novelty dapat berkisar pada demonstrasi fenomena mapan dalam sistem baru untuk menguji hipotesis tanpa preseden dalam literatur”. Dengan kata sederhana in berarti sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya dan unik. 

Kebaruan penelitian sangat penting saat mengajukan permohonan pendanaan. Banyak lembaga pendanaan sekarang bersikeras pada bagian terpisah dalam aplikasi hibah untuk menyatakan hal baru dari penelitian yang diusulkan. Oleh karena itu, kebaruan topik perlu ditetapkan pada tahap konseptualisasi ide itu sendiri. Tidak ada lembaga pendanaan yang akan mendanai penelitian yang tidak baru.

Banyak jurnal berdampak tinggi akan cenderung memprioritaskan memilih untuk menerbitkan artikel baru. Dengan jumlah penelitian yang besar dan perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat, menjadi tantangan dan tekanan bagi sebagian peneliti untuk menghasilkan penelitian yang inovatif dan relevan.

Novelty harus menjadi inti dari setiap penelitian. Sebuah penelitian yang tidak memiliki faktor kebaruan yang terkait dengannya, tidak layak dilakukan. Mengingat berbagai kemajuan teknologi di setiap bidang penelitian, menemukan topik baru seringkali menjadi tantangan. Demikian juga tidak mungkin setiap topik penelitian 100% novel. Akan selalu ada beberapa tumpang tindih dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya, namun tidak semuanya dapat dilaporkan. 

Ikuti juga: 7 Tips Cerdas Memenangkan Hibah Penelitian

Misalnya, metode yang berbeda dapat digunakan untuk mensintesis produk yang sudah memiliki metodologi yang ada. Di sini, kebaruan terletak pada metodologinya. Kadang-kadang, kebaruan juga bisa terletak pada kontradiksi dengan sesuatu yang dilaporkan penelitian sebelumnya. Variasi dalam metodologi yang dilaporkan sebelumnya yang menghasilkan hasil yang bervariasi juga dapat dianggap sebagai hal baru.

Program penelitian yang baik adalah "progresif", kebaruan sangat mungkin berkontribusi pada kemajuan ilmiah  (Imre Lakatos - Filsuf) 

Menganalisis kebaruan sebuah ide tidaklah mudah, dengan ketersediaan internet dan berbagai mesin pencari, sekarang sangat memungkinkan untuk memverifikasi setiap detail sebuah penelitian. Sebuah survei literatur menyeluruh termasuk analisis artikel penelitian dan paten perlu dilakukan pada topik yang menarik untuk memastikan bahwa ada beberapa hal baru yang terkait dengannya.

Kebaruan penelitian dan dampak penelitian dapat menjadi cara strategis untuk menarik perhatian pembaca dalam sebuah artikel penelitian.  Esensi kebaruan dari hasil penelitian yang diperoleh perlu dihubungkan dengan kepentingannya bagi ilmu pengetahuan serta dengan kepentingan praktis. 

Untuk menemukan kebaruan di bidang penelitian, peneliti perlu melakukan tinjauan pustaka secara menyeluruh untuk mengetahui apa yang dipelajari dan apa kesenjangan (gap) yang perlu diklarifikasi. Tinjauan literatur ini tergantung pada pengetahuan mendalam terhadap kondisi lapangan. Peneliti harus membandingkan dan menghubungkan pekerjaan mereka dengan penelitian sebelumnya lainnya.  Sebuah tinjauan literatur menyeluruh diperlukan untuk menghasilkan ide yang baik untuk penelitian. Banyak membaca makalah penelitian, buku, jurnal, dan bahan lain yang memiliki literatur yang relevan. Dan tanyakan pada diri Anda apa topik terbaik yang dapat membantu Anda melakukan penelitian baru dan unik.

Jika tidak menemukan sesuatu yang unik tentang penelitian Anda, Anda harus mengubah topik Anda. Jika tidak, Anda dapat memikirkan cara lain untuk melakukan penelitian tentang topik yang sama.

State of the Art

State of the Art

Adalah suatu keniscayaan bahwa setiap peneliti diharapkan untuk menulis bagian "State of the Art" atau tinjauan literatur sebagai bab pengantar, tetapi apa sebenarnya "State of the Art"?

Pada titik ini, peneliti mungkin telah membaca cukup banyak artikel penelitian dalam bahasa Inggris. Beberapa di antaranya dimulai dengan beberapa halaman yang menguraikan bidang penelitian dengan memuat banyak kutipan. Berbagai perspektif dapat dicantumkan dan dijelaskan satu per satu. Bagian artikel ini sering mempersempit fokusnya dan akhirnya memperbesar topik artikel dengan mengecualikan topik atau pertanyaan lain. Ini bisa menjadi bacaan yang berat bagi sebagian orang, tetapi penting untuk mendefinisikan "State of the Art" dari pertanyaan yang dibahas dalam artikel tersebut.
Master Table

State of the Art (SOTA) atau Tinjauan Literatur memberikan ulasan tentang kontribusi yang relevan dari literatur yang ada. Tinjauan pustaka harus mengidentifikasi landasan teoretis suatu penelitian, mengidentifikasi tingkat kebaruan dan relevansi penelitian, dan membantu memperjelas serta menyempurnakan fokus, pertanyaan penelitian, dan hipotesis yang akan dibahas. Tinjauan pustaka juga harus memberikan pembenaran untuk fokus penelitian (Blessing & Chakrabarti, 2009).

Berdasarkan definisi tersebut maka dalam menyusun "State of the Art" Anda harus:
  1. Mengidentifikasi landasan teoretis untuk diskusi,
  2. Tentukan relevansi pertanyaan yang akan dianalisis,
  3. Memperjelas dan mendefinisikan fokus, masalah dan/atau hipotesis, serta
  4. Menjastifikasi relevansi atau pentingnya masalah yang telah dipilih untuk menjadi fokus.
Peneliti harus dapat menunjukkan kepada pembaca bahwa peneliti mengetahui penelitian yang relevan (dan terbaru) dalam bidangnya, dan idealnya tinjauan umum penelitian harus menyoroti bahwa ada bagian yang hilang di area yang tepat di mana rumusan masalah diusulkan untuk diselidiki lebih lanjut.

Matriks

Untuk mempermudah penyusunan "State of the Art", peneliti dapat menemukannya pada  artikel yang berjudul "Review", karena artikel tersebut hanya terdiri dari studi literatur berdasarkan pencarian yang sistematis.

Research Gap

STRWP Model

Kesenjangan Penelitian (Research Gap) adalah pertanyaan atau masalah yang belum dijawab oleh salah satu atau beberapa penelitian yang ada di satu bidang. Terkadang, research gap muncul ketika ada konsep atau ide baru yang belum dipelajari sama sekali. Peneliti akan menemukan celah penelitian jika semua penelitian yang ada sudah ketinggalan zaman dan membutuhkan penelitian baru yang dimutakhirkan. 


Misalnya: studi tentang penggunaan Internet pada tahun 2001, atau mungkin populasi tertentu belum dipelajari dengan baik, seperti: kemungkinan ada banyak studi tentang remaja dan video game, tetapi tidak cukup studi tentang balita dan video game.

Contoh Proses Kognitif dalam Menulis

 Lalu bagaimana cara menemukannya?
Proses ini tentu akan membutuhkan waktu dan tenaga untuk membaca berbagai hasil penelitian yang ada. Peneliti harus sangat familiar dengan semua studi yang telah dilakukan, dan apa kontribusi studi tersebut terhadap keseluruhan pengetahuan. 

Buat daftar pertanyaan tentang topik yang ingin diteliti dan kemudian lakukan riset untuk melihat apakah pertanyaan itu telah dijawab dengan memuaskan. Jika belum, mungkin Anda telah menemukan celah! 

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat digunakan untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya:
  1. Salah satu trik yang berguna adalah dengan melihat "saran untuk penelitian masa depan / suggestions for future research " atau bagian kesimpulan dari studi yang ada tentang topik Anda. Sering kali, penulis akan mengidentifikasi area di mana mereka pikir ada kesenjangan penelitian, dan studi apa yang menurut mereka perlu dilakukan di masa depan. 
  2. Saat  meneliti, kemungkinan besar peneliti akan menemukan kutipan “seminal works” di bidang penelitiannya. Ini adalah studi penelitian yang disebutkan berulang kali dalam literatur. Selain menemukan dan membacanya, Peneliti dapat menggunakan database seperti Web of Science untuk mengikuti jejak penelitian dan menemukan semua artikel lain yang mengutip ini. Telusuri FAQ: I found the perfect article for my paper. How do I find other articles and books that have cited it?. Salah satu cara untuk melacak “seminal works”  ini dengan cepat adalah dengan menggunakan database alat tinjauan literatur ilmu sosial seperti SAGE Navigator. 
  3. Baca secara mendalam meta-analyses, literature reviews, dan systematic reviews tentang topik yang akan diteliti. Jenis makalah ini memberikan gambaran menyeluruh tentang literatur di bidang  tertentu serta memeriksa tren dan perubahan selama periode waktu yang lama dan meringkas temuan penelitian sebelumnya.  Penelusuran dapat juga dilakukan melalui database PsycINFO, PsycARTICLES, CINAHL, Web of Science. Jika database tidak menawarkan cara untuk memfilter hasil menurut jenis dokumen, jenis publikasi, atau metodologi dalam pencarian lanjutan, Peneliti dapat menyertakan frasa ini (“literature reviews,” meta-analyses, atau “systematic reviews”) dalam string pencarian. Misalnya, "video games" DAN "literature reviews" dapat menjadi kemungkinan pencarian yang bisa dicoba.

SUMBER:


Setiap orang mengalami permasalahan dan kondisi yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!

Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

6 komentar