Tips Perencanaan Pensiun di Era Digital

    
Tips Perencanaan Pensiun di Era Digital

Mariyudi.id - Meskipun terasa jauh, pensiun adalah sesuatu yang kita semua akan hadapi di masa depan kita. Namun, bagi kebanyakandari kita, perencanaan pensiun tidak lebih dari sebuah folder atau laci yang berisikan beberapa pernyataan pensiun yang telah usang.

Sebenarnya, masa pensiun sangatlah singkat, mungkin hanya beberapa tahun yang akan datang, yang mengakibatkan perencanaan menjadi sangat sederhana dan pada akhirnya bahkan terasa kurang penting. Kita sekarang hidup di dunia di mana kita bisa pensiun pada usia 60 sampai 70 tahun, dan itu akan segera kita capai dalam paling lama 5 atau 10 tahun pagi. Bahkan, itu bisa lebih singkat jika dibandingkan dengan keseluruhan kehidupan kerja kita!.

Pensiun jauh lebih dari sekadar “gigitan terakhir”. Sadarilah pensiun akan menjadi liburan terpanjang yang pernah Anda jalani!.

Sebagai orang yang kami sayangi, kami ingin memberikan energi positif dan memastikan bahwa liburan Anda akan sangat istimewa dan masa pensiun Anda seharusnya tidak berbeda dari saat ini. Semakin baik Anda merencanakan dan menabung saat ini, semakin banyak kebebasan dan pilihan yang akan Anda dan orang-orang terkasih Anda rasakan manfaatnya selama masa pensiun Anda.

Baca juga: 7 Tips Cerdas Memenangkan Hibah Penelitian

A. Bagaimana Memulai Perencanaan Pensiun Anda?

Perencanaan Pensiun

  1. Pertama, jangan khawatir jika Anda merasa telah mengabaikan perencanaan pensiun Anda atau tidak pernah berbicara dengan konsultan, tidak apa-apa. Anda tidak sedang dalam masalah dan ini juga bukan ujian pengetahuan keuangan Anda.

Sebagai titik awal, saya sarankan untuk benar-benar mempertimbangkan bagaimana Anda sebenarnya ingin menghabiskan masa pensiun Anda. 

  • Gaya hidup seperti apa yang akan menjadi “masa depan yang sempurna” Anda dan berapa biaya yang dibutuhkan setiap tahun untuk mencapainya?
  • Apakah Anda siap untuk berkompromi dengan gaya hidup Anda?

Menentukan apa yang penting bagi Anda dan mengelola ekspektasi pensiun Anda sendiri merupakan hal yang sangat penting.

Berkeliling Swiss dan menyicipi berbagai macam coklat, Memiliki villa atau apartemen mewah di bali, Travelling keliling dunia,  Naik haji atau umroh setiap tahun bersama kedua orang tua dan orang-orang yang dicintai. Semua itu tentunya menghabiskan uang yang tidak sedikit.

     2. Kapan waktu yang tepat untuk pensiun?

Waktu Pensiun

Temukan beberapa pertimbangan tentang bagaimana dan kapan Anda ingin pensiun.
 Apakah Anda berniat untuk berhenti bekerja atau pensiun secara bertahap selama periode waktu tertentu? 
Pensiunan Swasta dapat diakses dari usia 55 tahun, tetapi pensiunan PNS akan terjadi pada usia 60 atau 65 tahun.
Perlu dicatat bahwa pensiunan PNS hanya akan dapat menikmati dana pensiun setidaknya 30% dari total gaji pokok setiap bulannya. Mungkin untuk biaya listrik dan paket data saja tidak cukup!.
     3. Bagaimana cara mendanai pensiun Anda?
Meninjau keadaan Anda akan memungkinkan Anda untuk lebih memahami jika rencana Anda saat ini akan memenuhi kebutuhan Anda di masa pensiun, atau tindakan yang diperlukan untuk membantu Anda mencapai gaya hidup ideal di masa pensiun.
    • Pastikan Anda terdiversifikasi dan berinvestasi untuk pertumbuhan
    • Manfaatkan sepenuhnya rekening pensiun, terutama dalam mengejar ketinggalan
    • Kurangi hutang Anda
    • Hitung kemungkinan pendapatan pensiun Anda
    • Perkirakan biaya pensiun Anda
    • Pertimbangkan biaya medis di masa depan
    • Rencanakan di mana Anda akan tinggal

B. Terhubung dengan Dunia Digital

Terhubung dengan Dunia Digital

Pensiun memang mengasyikkan, apalagi jika Anda telah merencanakan untuk memulai bisnis di masa keemasan Anda. Merupakan ide bagus untuk menjaga impian Anda tetap hidup setelah pensiun, karena bekerja menuju sesuatu adalah cara yang brilian untuk membuat Anda tetap aktif dan terinspirasi. 
Bisnis digital saat ini menjadi pilihan terbaik bagi para pensiunan dan pemula sebagai salah satu strategi terjangkau yang menjanjikan hasil yang efektif. Anda harus mempertimbangkan bisnis yang sama pentingnya dengan produk dan manajemen keuangan Anda sebagai satu-satunya cara untuk menjangkau target audiens Anda.

1. Menarik (Attract)

Untuk menjadi sukses, Anda perlu memberikan informasi yang diinginkan prospek Anda. Anda perlu mencari tahu jenis pertanyaan atau masalah apa yang mereka miliki sehingga konten Anda dapat menjawabnya.
Tetapi sebelum Anda dapat mengetahui pertanyaan apa yang mungkin mereka miliki, Anda perlu mengetahui siapa prospek terbaik Anda. Anda harus tahu:
    • Usia mereka.
    • Situasi keluarga mereka. (Apakah mereka mencari nafkah untuk orang tua atau untuk diri mereka sendiri?)
    • Penghasilan mereka
    • Ketakutan/kekhawatiran mereka
    • Dan seterusnya.
Setelah Anda mengetahui siapa prospek sempurna Anda, Anda perlu mengembangkan persona yang mewakili prospek ideal Anda. Anda kemudian menyusun strategi pemasaran digital di sekitar mereka dan membuat konten dan pesan pemasaran berdasarkan pertanyaan, tujuan, dan keinginan mereka.

2. Konversi (Convert)

Kelola Konten Digital Anda

Anda perlu memberikan informasi dengan menerbitkan konten berdasarkan pertanyaan/kekhawatiran mereka dalam bentuk posting blog, posting media sosial, iklan, dan e-book yang dapat menjawab pertanyaan secara lebih mendalam. 
Konten Anda tidak boleh bersifat penjualan: konten harus disesuaikan untuk persona yang Anda buat dan harus menjawab pertanyaan mereka dan menghilangkan kekhawatiran mereka. 
Semua ini berfungsi untuk membantu Anda menjadi ahli yang dapat dipercaya di mata prospek. Saat Anda terus memberikan konten informatif seperti itu, prospek lebih bersedia memberi Anda alamat email mereka sebagai imbalan atas laporan gratis yang merinci beberapa pertanyaan/kekhawatiran yang mungkin dimiliki prospek.
Setelah itu, prospek Anda telah berubah menjadi prospek yang memenuhi syarat.

3. Penutupan (Close)

Setelah Anda memiliki informasi kontak prospek, Anda terus mengiriminya apa yang kami sebut konten "berfokus pada keputusan" seperti:
    • Email yang menampilkan testimoni warga saat ini.
    • Laporan gratis tentang berapa biaya hidup di komunitas pensiunan/bantuan dan berbagai cara untuk membayarnya.
    • Sebuah ebook yang menawarkan tips terperinci tentang cara berbisnis, mengadakan penjualan real estat, menempatkan barang-barang di gudang penyimpanan, cara membuat rencana bisnis, dan sebagainya.
Undangan prospek Anda untuk datang ke komunitas untuk makan siang, pertunjukan musik, dan/atau tur gratis.
Jenis konten ini bukan untuk prospek awal bersama Anda. Itu akan dikirim setelah Anda menjalin semacam hubungan dan membangun kepercayaan. Pada tahap "penutupan" inilah Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk menegosiasikan berbagai produk atau jasa baru.

4. Menyenangkan (Delight)

Pensiun yang Menyenangkan

Setelah prospek mulai bergabung, saatnya untuk terus membuatnya dan anak-anaknya bahagia. Anda melakukan ini tidak hanya dengan memberikan pengalaman hidup yang luar biasa tetapi juga dengan terus bertanya bagaimana perasaan mereka tentang bergabung di komunitas digital Anda, memberi mereka hadiah khusus (untuk ulang tahun, peringatan, dll.), memberikan penawaran khusus, dan lain sebagainya.
Anda juga akan terus memberi mereka konten informatif seperti yang disarankan berdasarkan persona mereka.

Ikuti juga  KOLEKSI MATERI DAN BUKU


Setiap orang mengalami permasalahan dan kondisi yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!

Materi Kewirausahaan Berbasis Digital bagi Calon Pensiunan 
Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Posting Komentar