Tips Produktif Menghabiskan Waktu di Internet

Positif, Kreatif dan Aman di Internet


Mariyudi.id - Sebahagian besar kita saat ini menghabiskan begitu banyak waktu di Internet, dan hampir tidak menyadari bahwa sebagian besar sebenarnya sia-sia. Ada banyak cara yang baik untuk menginvestasikan waktu online di internet, sehingga kita diuntungkan secara pribadi atau profesional.
“Internet bisa menjadi langkah yang sangat positif menuju pendidikan, organisasi, dan partisipasi dalam masyarakat yang bermakna.” (Noam Chomsky)
Berkat teknologi Internet, orang-orang dari berbagai belahan dunia dapat terhubung satu sama lain, mengetahui apa yang terjadi di belahan dunia lain dalam hitungan detik, dan mendapatkan akses ke informasi tentang segala hal di dunia. Sebagian besar dari kita menghabiskan waktu online dengan bermain game, mengobrol dengan teman, berbagi gambar di situs jejaring sosial dan mengunduh lagu, game, film, dan lainnya!

Sangat sedikit dari kita yang benar-benar memanfaatkan Internet dengan baik. Ini adalah basis informasi yang sangat besar, dengan begitu banyak situs bagus yang menampung konten informatif dan mendidik. Ada begitu banyak jalan online yang dapat membantu kita menghasilkan uang dan ada begitu banyak situs web tempat kita dapat mempelajari sesuatu yang baru. 
Mari gunakan Internet untuk keuntungan kita, mari kita gunakan untuk menemukan ide, mendapatkan pengetahuan, dan memperkaya hidup kita, dengan melakukan sesuatu yang produktif secara online. Ikuti tips beikut.

Tips Produktif Menghabiskan Waktu di Internet

Positif di Internet


  • Ikuti kursus akademik dan tingkatkan keahlian Anda 

Kursus online ini nyaman karena tidak mengharuskan Anda keluar untuk menghadiri kelas. Hal ini dapat dilakukan dengan nyaman di rumah. Jadi pilihlah kursus yang menarik minat dan tingkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda. Sertifikasi online juga menambah resume Anda.

  • Download ebooks atau buku audio dari Internet atau membacanya secara online 

Membaca adalah salah satu cara paling produktif untuk menghabiskan waktu di Internet. Dan tidak hanya membaca, gunakan Internet untuk menemukan buku-buku bagus juga. Ketahui apa yang terbaik untuk usia dan minat Anda dan ketahui tentang buku-buku yang baru saja memasuki pasar. Ketahui tentang penulis paling populer dan pemula, tetap perbarui tentang publikasi yang akan datang, dan ketahui buku mana yang harus dibeli dan mana yang tidak.

  • Gunakan Internet untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari 

Dari dekorasi dan perbaikan rumah hingga mode dan hubungan, ada banyak sumber yang memberi Anda nasihat bagus. Jika Anda merupakan “Do it Yourself/DIY” atau bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan ahli, Anda harus memeriksa sumber daya online yang membantu Anda dalam hal ini. Untuk pertanyaan seperti cara menghilangkan noda pada pakaian atau cara mengecat ruangan, hingga pertanyaan seperti cara mengatasi masalah pada komputer atau cara memperbaiki mesin mobil yang rusak, semua jawabannya tersedia secara online. 
Tonton video memasak di situs web seperti YouTube untuk mempelajari resep baru.

  • Internet adalah sumber yang baik untuk menemukan dunia 

Temukan Dunia

Mulai dari bagaimana pemerintah bekerja dan bagaimana ekonomi naik dan turun, hingga bagaimana alam semesta diciptakan dan bagaimana manusia berencana menjelajahi luar angkasa, ada banyak situs web yang memberi tahu Anda cara kerja dunia.

  • Internet memberi Anda platform yang bagus untuk belajar bahasa baru 

Mulai dari dasar, Anda bisa naik ke tingkat lanjutan dengan mengikuti kursus dan tutorial bahasa online.

  • Ikuti kuis online yang menguji pengetahuan umum Anda

Ada banyak tes IQ yang tersedia secara online. Plus, ada tes untuk memeriksa kecepatan mengetik, kemampuan bahasa, kesadaran umum, dan bahkan bakat dan tipe kepribadian. Ikuti tes dan kuis ini, karena ini merupakan cara yang produktif untuk menghabiskan waktu di web.

  • Gunakan situs web ini untuk terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama 

Bergabunglah dengan grup, komunitas, atau forum tentang topik yang Anda minati, bagikan pengetahuan dan ide Anda di platform ini, dan ketahui pendapat para ahli. Gunakan jejaring sosial untuk tidak hanya berbagi gambar dan memposting pesan status tentang apa yang terjadi dalam hidup Anda.

  • Ikuti blog atau halaman twitter orang-orang yang menginspirasi Anda 

Ikuti tokoh-tokoh berpengaruh di halaman sosial mereka dan ketahui pandangan mereka tentang isu-isu politik dan sosial saat ini. Gunakan sumber online untuk menjadi lebih sadar akan dunia sekitar. Lihat kamus online atau situs web seperti Kosakata dan pelajari beberapa kata baru setiap hari. Terdapat banyak situs web yang memungkinkan pengguna untuk melatih kemampuan kognitif mereka. Gunakan sumber-sumber ini dan latih otak Anda.

  • Carilah saran investasi dari pakar keuangan

Cari dan ketahui tentang cara terbaik untuk menginvestasikan uang dan mengelola keuangan Anda dari situs web otentik yang didedikasikan untuk saran keuangan dan investasi.

  • Ikuti situs web swadaya dan situs web yang menghosting konten inspirasional

Bacalah semua itu untuk memotivasi diri Anda setelah hari yang buruk di tempat kerja, selama fase sulit dalam hidup, atau untuk membantu Anda mendekati hidup dengan lebih positif. Tindakan keberanian atau kebaikan orang biasa, dan kisah inspiratif orang-orang terkenal di berbagai bidang, bisa memberi Anda harapan baru.

  • Menulis blog dan ekspresikan diri Anda

Tulis apa yang Anda ketahui dan apa yang menarik minat Anda. Berkontribusi pada pengetahuan di web dengan memposting konten informatif. Atau gunakan blog Anda untuk menghibur pembaca dengan hal-hal menyenangkan atau apa pun yang kreatif.

  • Berbelanja dengan cerdas dengan mencari beberapa penawaran dan diskon bagus secara online 

Belanja internet menghemat upaya mengunjungi mal atau toko dan semua belanja dapat dilakukan hanya dengan duduk di rumah. Plus, ada banyak penawaran menguntungkan yang membantu Anda menghemat uang.

  • Ikuti tur virtual 

Ikuti tur virtual ke bagian dunia mana pun dengan menggunakan sumber seperti Google Maps dan Google Street View. Sumber-sumber ini juga dapat membantu Anda merencanakan tur yang sebenarnya.

  • Manjakan hobi Anda secara online 

Temukan informasi tentang apa yang Anda suka lakukan, temukan informasi terbaru tentang hal-hal yang Anda minati, dan terlibatlah dalam aktivitas menyenangkan yang Anda minati. Web menampung banyak sumber bagus yang memungkinkan Anda terlibat dalam hobi Anda, dan bahkan mendapatkan penghasilan tambahan darinya.

  • Lakukan panggilan video atau Skype 

Lakukan panggilan video atau Skype ke teman yang sudah lama tidak Anda ajak bicara. Atau gunakan email untuk menulis kepada orang-orang tersayang.

  • Terhubung dengan orang baru dapat membantu karir Anda

Jalin hubungan dengan orang-orang yang profilnya menarik dan yang dapat memperkenalkan Anda kepada orang lain di bidang tersebut. Situs seperti LinkedIn bagus untuk membangun reputasi online dengan membagikan hal-hal yang berkaitan dengan profesi Anda.

  • Temukan tips kebugaran

Temukan Tips Kebugaran

Situs web yang terkait dengan latihan fisik dapat membantu Anda tetap bugar. Mereka memberi Anda latihan yang mudah, tips kebugaran, dan saran nutrisi.

  • Mainkan game edukasi 

Mainkan game edukasi atau yang membantu Anda dalam beberapa hal (misalnya, game simulasi). Pilih game seperti Sudoku, teka-teki silang, game Matematika, atau pecahkan teka-teki online.

  • Berikan kontribusi positif bagi masyarakat 

Ada banyak organisasi nirlaba yang hadir secara online. Jelajahi ini, ketahui tentang program mereka dan ambil bagian dalam program yang Anda bisa. Berkontribusi pada tujuan sosial dengan cara kecil Anda sendiri dengan berpartisipasi dalam kampanye mereka.

  • Habiskan waktu bersama orang-orang terdekat 

Habiskan waktu bersama anak-anak Anda untuk meminta mereka belajar menggambar online, atau bermain game online bersama. Ikuti kursus online dengan pasangan Anda. Atau bantu kakek nenek Anda mengakses situs web yang mungkin menarik bagi mereka. Dengan cara ini, Anda akan menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat Anda, saat online.

  • Cadangkan data penting 

Gunakan layanan cloud atau akun email Anda untuk mencadangkan data penting jika perlu. Internet dapat digunakan untuk menghemat ruang pada hard drive Anda dan menyimpan data Anda secara online.

  • Menjual barang bekas

Anda dapat menjual barang-barang lama menggunakan situs web seperti eBay dan lainnya. Carilah orang-orang yang mungkin tertarik untuk membeli barang-barang tersebut, membandingkan harga, dan melakukan penjualan yang menguntungkan.

  • Melakukan transaksi bank secara online

Transaksi Online

Meskipun bukan kegiatan yang produktif, namun aktifitas ini dapat mengefektifkan waktu dan dengan demikian memberi Anda lebih banyak waktu untuk hal-hal yang bermanfaat.

  • Tumbuhkan semangat

Tonton film favorit Anda, dengarkan lagu favorit Anda, atau dengarkan pidato dari pembicara motivasi. Lagu dapat membantu Anda merasa rileks, film dapat memberi Anda waktu istirahat yang sangat dibutuhkan, dan mendengarkan pidato motivasi dapat membuat Anda merasa baik tentang diri sendiri dan optimis tentang kehidupan.

  • Ketahui tentang kejadian terbaru di seluruh dunia

Dengan bantuan situs web seperti BBC News dan Reuters, ketahui apa yang ada di berita dan tetap update tentang perkembangan terkini di setiap bidang.

  • Dapatkan asisten virtual 

Asisten Virtual

Apakah Anda perlu mengingatkan diri sendiri untuk menjawab email, mengambil susu atau membayar tagihan, memiliki asisten virtual mungkin bukan pilihan yang buruk. Daftar tugas dan aplikasi manajemen waktu adalah anugerah, bisa dikatakan. Itu selalu baik untuk memiliki seseorang mengingat detail kecil ini untuk Anda jika Anda tidak terlalu pandai mengelola kalender harian Anda.

  • Pilih aplikasi baru yang keren

Setiap orang selalu dapat menjangkau aplikasi untuk membuat hidup mereka sedikit lebih mudah. Manfaatkan waktu senggang untuk menjelajahi Google Play untuk mendapatkan aplikasi dan game produktivitas terbaru. Banyak aplikasi dan ekstensi chrome yang membuat kehidupan profesional dan pribadi lebih teratur dan terinformasi dalam banyak hal.

  • Perbarui kehidupan pribadi dan profesional Anda

Gunakan waktu luang Anda untuk kembali berhubungan dengan keluarga dan teman-teman Anda. Jika Anda benar-benar mencintai pekerjaan Anda, tidak ada salahnya untuk memperbarui resume Anda (atau profil profesional di situs seperti LinkedIn). Hal ini merupakan pengembangan pribadi yang baik pada waktu-waktu tertentu. Biarkan latihan ini menjadi pengingat bagi Anda untuk mendapatkan informasi terbaru tentang keterampilan dan tetap produktif.

Download Materi Positif, Kreatif dan Aman di Internet PPT 
Download Materi Positif, Kreatif dan Aman di Internet PDF 

Ikuti juga: Rekomendasi Situs Web Penting Untuk Civitas Akademika

Baca selengkapnya: Syarat Pengajuan Guru Besar dan Lektor Kepala Sekarang Lebih Fleksibel

Baca juga: Memahami Novelty, State of the Art, dan Research Gap

Baca selengkapnya: Strategi Digital Marketing bagi UMKM

Setiap orang mengalami permasalahan dan kondisi yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang dapat membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!

Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Posting Komentar