Pengantar Manajemen Kreativitas dan Inovasi



Pengantar Manajemen Kreativitas dan Inovasi:
“ Mandiri, Kreatif, dan Inovatif “

Mariyudi.id - Perkembangan umat manusia semakin bergantung pada inovasi dan penemuan baru. Dari sudut pandang ini, kreativitas dianggap tidak hanya sebagai ekspresi potensi manusia tetapi juga dipahami sebagai dasar untuk kemajuan masyarakat. Mengingat bahwa inovasi tergantung pada terjadinya kreativitas, diterapkan pada domain tertentu, ada kebutuhan untuk memahami fenomena ini, dan untuk menentukan apakah mereka mandiri (independen), saling melengkapi atau saling terkait.

Apa yang Anda pikirkan ketika Anda berpikir tentang kreativitas? Banyak orang berpikir bahwa kreativitas hanya terletak pada kuas seorang seniman atau patung seorang arsitek, tetapi mungkin kreativitas dapat muncul di lebih banyak tempat daripada hanya di studio. Pada kenyataannya, kreativitas tidak tertumpu dalam satu sektor, dan itulah keindahannya. 

Kreativitas didefinisikan sebagai sesuatu yang menghasilkan ide, wawasan, atau solusi baru melalui imajinasi, bukan melalui logika atau akal. (Gestalt – Psikolog) 

Jadi, apa yang terjadi ketika Anda menerapkan kreativitas dalam bisnis? 

Berpikir kreatif sering kali mengambil pendekatan yang berbeda untuk pemecahan masalah, dan ketika pendekatan semacam itu dilakukan dalam suasana bisnis, hasilnya bisa bermanfaat sekaligus mengejutkan. Kreativitas berjalan seiring dengan inovasi. Dan tidak ada inovasi tanpa kreativitas. Sementara kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dan unik.

Memahami Kreativitas

Minat dalam studi kreativitas dapat dijelaskan oleh kebutuhan untuk lebih memahami potensi dan sifat manusia relatif terhadap aspek positif individu. Karakteristik ini dihargai karena pentingnya dalam mempromosikan kesejahteraan individu, baik dalam pencapaian pribadi maupun profesional. Alasan-alasan ini membuat kreativitas menjadi karakteristik yang dianggap sebagai sumber daya yang berharga bagi perkembangan individu dan sosial.
Orang yang kreatif, menurut perspektif humanistik, memiliki kesadaran dan kemampuan untuk mengatasi krisis dengan cara yang transformatif. Oleh karena itu, orang kreatif dapat dipahami sebagai proses untuk mencapai aktualisasi diri dan mengembangkan karakteristik yang terkait dengan kesehatan mental, seperti kesejahteraan subjektif, ketahanan, optimisme, kualitas hidup, dan aspek-aspek lain yang ditekankan oleh positif. psikologi. Menurut konsepsi Amabile (1996), orang-orang kreatif akan berfungsi atas nama motivasi intrinsik mereka, mengingat ini sebagai komponen kunci untuk mempengaruhi kemampuan individu untuk mengekspresikan bakatnya. 

Memahami Inovasi

Inovasi dinilai sebagai karakteristik individu yang diperlukan di dunia global. Inovasi bukan hanya soal memunculkan ide baru tetapi juga membutuhkan sesuatu yang bernilai. 
Inovasi adalah implementasi dari kreativitas  – yaitu pengenalan ide, solusi, proses, atau produk baru. Kreativitas adalah kekuatan pendorong di balik inovasi dan penggabungan melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda, kebebasan pembatasan oleh aturan dan norma tertulis atau tidak tertulis.

Mengapa kreativitas penting dalam bisnis?

Kreativitas dan inovasi dalam perusahaan yang dikelola dengan baik selalu diakui sebagai jalan pasti menuju kesuksesan. Merangsang kreativitas dan menjelajahi wilayah yang benar-benar baru dan tidak dikenal sebelumnya akan mengarah pada peningkatan produktivitas organisasi. Mendorong karyawan untuk berpikir di luar kebiasaan dan memberi mereka waktu dan sumber daya untuk menjelajahi area baru untuk ide-ide inovatif adalah kunci solusi bisnis yang sukses.
Kreativitas meningkatkan proses pemecahan masalah. Tidak masalah jika kita berbicara tentang mengembangkan strategi baru atau cara inovatif untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan. Pemecahan masalah yang kreatif memberikan keunggulan kompetitif yang ingin dicapai oleh bisnis mana pun.

Pentingnya Kreativitas dalam Bisnis

Ide bisnis kreatif membedakan perusahaan satu dengan yang lain. Tanpa kreativitas dan inovasi, setiap perusahaan akan mengikuti pola yang sama dalam pemasaran/promosi, teknik, atau bahkan barang dan jasa yang mungkin mereka jual. Kreativitas sangat penting untuk bisnis saat ini, terutama ketika pasar bergantung pada teknologi dan inovasi. Kolaborasi pikiran kreatif memiliki kemampuan untuk mendorong ide bisnis kreatif menjadi kenyataan. Begitu otak bisnis Anda mampu berpikir out of the box, kemungkinannya inovasi bisa tidak terbatas. 
Ide-ide kreatif dan pendekatan inovatif dapat datang hampir dari mana saja - dari mitra, pelanggan, kelompok sasaran, atau bahkan karyawan Anda. Mereka dapat memberi perspektif dan ide segar, jadi tunjukkan kepada mereka bahwa Anda mendengarkan dan terbuka untuk umpan balik mereka. Itulah mengapa penting adanya pertukaran ide yang terbuka untuk didukung dan didorong oleh perusahaan.
 
Materi Lengkap,

Sumber:

Byrge, C., Hertel, F., Faaborg, O., Sørensen, S. K., Gaigalaite, L., Isoraite, M., Katunian, A., Kozlovskij, V., Macerauskiene, N., Miniotaite, J., Ozeliene, D., Paraukiene, L., Satkauskiene, S. C., & Tilvytiene, R. (2014). Creativity and Business Innovations: Guidance on Teaching Creativity and Business Innovations, Description of Study Programme & Case Studies. Vilniaus kolegija - University of Applied Sciences
Thierry Burger-Helmchen. (2012).   Entrepreneurship – Creativity and Innovative Business Models. BETA-CNRS, EM Strasbourg, University of Strasbourg, France 
Smith, David (2010). Exploring Inovation, 2nd Ed. London : Mc. Graw-Hill Education (UK) Limited 
https://www.opstart.ca/the-importance-of-creativity-for-your-business/ 
https://www.businessnewsdaily.com/8894-creativity-business-success.html 

Materi lainnya: Materi Kuliah

Ikuti juga: Rekomendasi Situs Web Penting Untuk Civitas Akademika

Baca selengkapnya: Syarat Pengajuan Guru Besar dan Lektor Kepala Sekarang Lebih Fleksibel

Baca juga: Memahami Novelty, State of the Art, dan Research Gap

Baca selengkapnya: Strategi Digital Marketing bagi UMKM

Setiap orang mengalami permasalahan dan kondisi yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang dapat membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!

Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Posting Komentar