Pengantar Manajemen Merek




Mariyudi.id - Manajemen merek adalah fungsi pemasaran yang menggunakan teknik untuk meningkatkan nilai yang dirasakan dari lini produk atau merek dari waktu ke waktu. Manajemen merek yang efektif memungkinkan harga produk naik dan membangun pelanggan setia melalui asosiasi dan citra merek yang positif atau kesadaran merek yang kuat.

Mengembangkan rencana strategis untuk mempertahankan ekuitas merek atau mendapatkan nilai merek memerlukan pemahaman yang komprehensif tentang merek, target pasarnya, dan visi perusahaan secara keseluruhan.

Merek memiliki pengaruh yang kuat pada keterlibatan pelanggan (customer engagement), persaingan di pasar, dan manajemen perusahaan. Kehadiran merek yang kuat di pasar membedakan produk perusahaan dari pesaingnya dan menciptakan afinitas merek untuk produk atau layanan perusahaan.

Sebuah merek yang sudah mapan harus terus menjaga citra mereknya melalui manajemen merek. Manajemen merek yang efektif meningkatkan kesadaran merek, mengukur dan mengelola ekuitas merek, mendorong inisiatif yang mendukung pesan merek yang konsisten, mengidentifikasi dan mengakomodasi produk merek baru, dan secara efektif memposisikan merek di pasar.

Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun sebuah merek, namun ketika akhirnya terwujud, harus tetap dipertahankan melalui inovasi dan kreativitas. Merek terkenal yang telah memantapkan diri sebagai pemimpin di industri masing-masing selama bertahun-tahun termasuk Apple, Coca-Cola, McDonald's, Microsoft, IBM, Procter & Gamble, CNN, Disney, Nike, Ford, Lego, dan Starbucks.

Download Materi Pengantar Manajemen Merek PPT 

Materi lainnya: Materi Kuliah

Ikuti juga: Rekomendasi Situs Web Penting Untuk Civitas Akademika

Baca selengkapnya: Syarat Pengajuan Guru Besar dan Lektor Kepala Sekarang Lebih Fleksibel

Baca juga: Memahami Novelty, State of the Art, dan Research Gap

Baca selengkapnya: Strategi Digital Marketing bagi UMKM

Setiap orang mengalami permasalahan dan kondisi yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang dapat membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!

Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Posting Komentar