Pengantar Manajemen Merek
Mariyudi.id - Manajemen merek adalah fungsi pemasaran yang menggunakan teknik untuk meningkatkan nilai yang dirasakan dari lini produk atau merek dari waktu ke waktu. Manajemen merek yang efektif memungkinkan harga produk naik dan membangun pelanggan setia melalui asosiasi dan citra merek yang positif atau kesadaran merek yang kuat.
Mengembangkan rencana strategis untuk mempertahankan ekuitas merek atau mendapatkan nilai merek memerlukan pemahaman yang komprehensif tentang merek, target pasarnya, dan visi perusahaan secara keseluruhan.
Merek memiliki pengaruh yang kuat pada keterlibatan pelanggan (customer engagement), persaingan di pasar, dan manajemen perusahaan. Kehadiran merek yang kuat di pasar membedakan produk perusahaan dari pesaingnya dan menciptakan afinitas merek untuk produk atau layanan perusahaan.
Sebuah merek yang sudah mapan harus terus menjaga citra mereknya melalui manajemen merek. Manajemen merek yang efektif meningkatkan kesadaran merek, mengukur dan mengelola ekuitas merek, mendorong inisiatif yang mendukung pesan merek yang konsisten, mengidentifikasi dan mengakomodasi produk merek baru, dan secara efektif memposisikan merek di pasar.
Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun sebuah merek, namun ketika akhirnya terwujud, harus tetap dipertahankan melalui inovasi dan kreativitas. Merek terkenal yang telah memantapkan diri sebagai pemimpin di industri masing-masing selama bertahun-tahun termasuk Apple, Coca-Cola, McDonald's, Microsoft, IBM, Procter & Gamble, CNN, Disney, Nike, Ford, Lego, dan Starbucks.
Materi lainnya: Materi Kuliah
Ikuti juga: Rekomendasi Situs Web Penting Untuk Civitas Akademika
Baca selengkapnya: Syarat Pengajuan Guru Besar dan Lektor Kepala Sekarang Lebih Fleksibel
Baca juga: Memahami Novelty, State of the Art, dan Research Gap
Baca selengkapnya: Strategi Digital Marketing bagi UMKM
Setiap orang mengalami permasalahan dan kondisi yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang dapat membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!
Posting Komentar