Workshop Digital Marketing: Praktis 4.0




Mariyudi.id - Digital marketing merupakan salah satu aktifitas untuk melakukan pemasaran sebuah produk atau brand melalui dunia digital atau internet. Tujuannya untuk menjangkau konsumen maupun calon pembeli secara cepat dan tepat waktu.
Sederhanaya, Digital marketing merupakan cara untuk mempromosikan produk/ brand tertentu melalui media internet. Cara ini dapat dilakukan melalui iklan di internet, facebook, youtube, ataupun media sosial lainnya. Bahkan juga dapat dilakukan welalui website dan aplikasi.
Era serba teknologi atau Revolusi industri 4.0 saat ini menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat di antara pebisnis. Para pemilik bisnis sudah seharusnya memahami bahwa strategi berperan penting dalam penentuan konten iklan digital untuk mencapai keberhasilan mendatangkan pelanggan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi bisnis yang sesuai dengan pemasaran produk yang akan ditawarkan melalui digital marketing.
Penyampaian Materi oleh M. Nasir dari OLG Indonesia

Sebagai bentuk perwujudan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Malikussaleh (Unimal) dan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) berkerjasama dengan mitra strategis melaksanakan Workshop Digital Marketing:  Praktis 4.0 selama dua hari Sabtu dan Minggu 04 – 05 Desember 2021 bertempat di Gedung Program Pascasarjana Universitas Malikussaleh.
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Kemitraan Wilayah (PKW-CSR) di Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe Tahun 2021 yang tahun ini memasuki pelaksanaan tahun ketiga yang menghadirkan pemateri Muhammad Nasir dari  OLG Indonesia sebagai salah satu penyedia layanan Digital Marketing terkemuka di Indonesia. 
Workshop yang dihadiri 20 peserta pelaku bisnis berskala mikro ini bermaterikan:
  1. Praktek membuat media sosial bisnis, manfaatkan fitur untuk tingkatkan nilai bisnis (brand awareness) dan sales marketing,
  2. Praktek iklan dan promosi bisnis melalui media sosial (FB, WA dan IG),
  3. Praktek pembuatan Google bisnsiku, bisnis muncul di Google Maps, terverifikasi oleh Google. Kemudian praktek Google Ads,
  4. Praktek membuat website secara efektif, cara posting, mengelola dan upload gambar, produksi informasi. Metode agar website disukai Google dan cepat dapatkan omzet,
  5. Teknik branding, menciptakan dan merawat pembeli sehingga jadi pelanggan yang loyal.
Foto Bersama Kepala Bappeda Kota Lhokseumawe, Salahuddin, ST, MSM


Salahuddin, ST, MSM selaku Kepala Bappeda Kota Lhokseumawe, dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Lhokseumawe sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan peserta yang hadir. Sebagai ketua Forum CSR Kota Lhokseumawe, beliau juga berharap agar kegiatan berbasis digital seperti ini untuk dapat terus digalakkan di kalangan masyarakat terutama para pelaku bisnis karena saat ini daya saing UMKM dan daerah salah satunya dapat ditingkatkan melalui teknologi digital.
Pengarahan Rektor Unimal, Prof. Dr. Herman Fithra

Rektor Unimal, Prof. Dr. Herman Fithra berpesan agar seluruh dosen dapat mengaplikasikan hasil-hasil riset kedalam program pengabdian kepada masyarakat untuk dapat memberikan nilai tambah dalam inovasi serta turut mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan serta peningkatakan kesejahteraan masyarakat. Beliau juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat menjadi gerakan bersama semua pihak dalam satu komunitas besar untuk saling berbagi informasi seputar dunia digital. 
Salah seorang pelaku digital marketing yang juga koordinator peserta, Ibu Husna Riefifa, yang selama pandemi merasakan pukulan berat dalam menjalankan aktifitas bisnis mengharapkan agar pemerintah dan seluruh stakeholder di daerah dapat membuka diri dalam upaya pemberdayaan UMKM agar usaha yang sedang dijalankan dapat bertahan dan berksinambungan pasca pandemi Covid-19.
Kegiatan yang mengangkat tema  “Mengembangkan Pemasaran Produk Lokal Secara Digital” ini juga memberikan fasilitas tambahan menarik bagi peserta berupa empat buah Voucher masing-masing senilai satu juta rupiah dan juga pembuatan website gratis untuk membantu para pelaku usaha dapat menjalankan bisnisnya secara optimal.
Berikut informasi tentang pelaksana kegiatan PKW-CSR:
  1. Ketua: Dr. Mariyudi, SE, MM (Dosen FEB - Universitas Malikussaleh),
  2. Anggota 1: Prof. Dr. M. Sayuti S.T, M.Sc (Dosen FT - Universitas Malikussaleh),
  3. Anggota 2: Dr. Hendra Raza, SE., M.Si. Ak., CA (Dosen FT - Universitas Malikussaleh), dan
  4. Anggota 3: Elwina S.T, M.T (Dosen Teknik Kimia - Politeknik Negeri Lhokseumawe).

Sang Pemateri: M. Nasir - OLG Indonesia

Motivasi dari Ketua Panitia: Dr. Mariyudi, SE, MM

Penyerahan Sertifikat Kepada Nara Sumber


Peserta Workshop Digital Marketing: Praktis 4.0

Penyerahan Voucher Kepada Peserta

Sesi Foto Bersama

Backdrop Workshop

Flyer Workshop

Ikuti juga: Rekomendasi Situs Web Penting Untuk Civitas Akademika

Baca selengkapnya: Syarat Pengajuan Guru Besar dan Lektor Kepala Sekarang Lebih Fleksibel

Baca juga: Memahami Novelty, State of the Art, dan Research Gap

Materi lainnya: Materi Kuliah

Baca selengkapnya: Strategi Digital Marketing bagi UMKM

Setiap orang mengalami permasalahan dan kondisi yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang dapat membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!













Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Posting Komentar