Kiat Sukses Strategi Pemasaran Global dan Target Pasarnya




Mariyudi.id - Bisnis global dan pemasaran internasional saat ini menghadapi kondisi yang sangat menguntungkan. Dengan begitu banyak pilihan dan perangkat online, merek dapat memperluas operasi mereka ke negara-negara baru dan menjangkau pasar yang belum dimanfaatkan sebelumnya.
Namun, menciptakan strategi pemasaran internasional tidaklah mudah. Ada banyak masalah mendasar dan lebih bernuansa yang perlu dipertimbangkan ketika memasarkan produk ke wilayah dengan budaya yang berbeda. Dan beberapa merek besar telah membuat kesalahan besar serta memalukan ketika mencoba menyeberang ke pasar baru.
Jadi apa sebenarnya pemasaran internasional itu? Apa dasar-dasar untuk menciptakan strategi pemasaran internasional? Kami akan membahas ini dan lebih banyak lagi di bagian selanjutnya.
Kiat Sukses Strategi Pemasaran Global


Apa itu Pemasaran Internasional?

Pemasaran internasional adalah pemasaran yang kegiatan operasinya melewati batas-batas lebih dari satu Negara. 
Pemasaran internasional dapat juga didefinisikan sebagai taktik dan metode yang digunakan untuk memasarkan produk dan layanan di banyak negara. Ini bisa dalam bentuk ekspor/impor, waralaba (francise) atau lisensi, dan penjualan online internasional.
Sementara itu, pemasaran global sering juga dikenal dengan kegiatan pemasaran oleh sebuah perusahaan global yang mempunyai bisnis global dengan strategi pemasaran global maupun produk dan standar global di berbagai negara. 

Kerumitan yang Dihadapi dalam Pemasaran Internasional

Setiap pemasaran baik itu pemasaran lokal, pemasaran internasional, maupun pemasaran global pasti memiliki kerumitan masing-masing.
Setidaknya terdapat tiga kerumitan dalam pemasaran internasional, yaitu:
  1. Pembeli dan penjual terpisahkan oleh batas-batas kenegaraan, hal ini dikarenakan pemasaran internasional lebih fokus untuk melayani konsumen pada lebih dari satu negara,
  2. Barang harus dikirimkan dan diangkut dari suatu negara ke negara lainnya melalui bermacam peraturan seperti pabean yang bersumber dari pembatasan yang ditetapkan oleh masing-masing pemerintah. Dalam hal ini setiap negara tentunya memiliki lembaga custom yang bertugas mengatur perizinan dan operasional keluar masuknya barang,
  3. Antara suatu negara dengan negara lainnya terdapat perbedaan baik perbedaan bahasa, perbedaan mata uang, perbedaan taksiran dan timbangan,  hukum dalam pedagangan, maupun perbedaan budaya dan perilaku konsumennya.
Setiap negara mewakili tantangan unik bagi pemasar karena budaya, bahasa, hukum, dan berbagai faktor penentu lainnya. Dapat berupa negara tetangga atau di seluruh dunia di benua yang berbeda. Perbedaan ini juga dapat dipecah ke tingkat regional dan lokal yang membutuhkan teknik yang lebih tepat sasaran.
Keputusan untuk melakukan bisnis secara internasional dan meluncurkan kampanye pemasaran internasional dapat dilakukan dengan pendekatan dan analisis yang bervariasi, diantaranya:
  • Memperluas kesadaran merek
  • Pertumbuhan ekonomi di suatu negara
  • Hukum perdagangan baru
  • Pasar yang belum dimanfaatkan atau kurang terlayani
  • Kemitraan internasional/usaha patungan
  • Dan banyak lagi
Memperluas pemasaran ke operasi tingkat global dapat berkisar dari yang sederhana hingga yang sangat rumit. Pertimbangkan bisnis AS yang berekspansi ke Kanada versus ekspansi ke Rumania, misalnya. Ada perbedaan budaya dan bahasa yang jauh lebih luas, pertimbangan waktu dan jarak, serta perbedaan yang lebih luas dalam struktur dan peraturan ekonomi.

Dasar-dasar Pemasaran Internasional

Strategi Pemasaran Global dan Pangsa Pasarnya

Seperti halnya proyek atau kampanye baru, riset menyeluruh sangat-lah penting. Saat memasuki pasar baru yang bisa sangat berbeda dari pasar Anda sendiri, ini bahkan lebih benar. Secara keseluruhan perusahaan ingin mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang target pasar internasional mereka. Berikut adalah beberapa dasar pemasaran internasional yang perlu dipertimbangkan sebelum melangkah lebih jauh.

Pahami Bahasa dan Budayanya

Untuk memasarkan peroduk atau merek ke negara lain, Anda perlu mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya dan bahasa mereka. Mungkin Anda sudah memiliki koneksi dengan budaya tersebut dan itulah mengapa Anda memutuskan untuk memasuki pasar. Jika tidak, ada baiknya Anda memiliki mitra/perwakilan lokal yang dapat memberi Anda wawasan tentang apa yang membuat pasar tersebut bergerak.
Eropa adalah contoh yang bagus dari banyak budaya dan bahasa yang berbeda dalam wilayah geografis yang relatif kecil. Bahasa, gaya hidup, rutinitas sehari-hari dan keputusan pembelian orang dapat sangat bervariasi antar negara dan bahkan wilayah di negara yang sama. Humor juga tidak universal dan upaya pemasaran melalui humor bisa gagal atau bahkan menyinggung. 
Jadi, memiliki sebanyak mungkin wawasan tentang kekhususan masing-masing pasar adalah keuntungan utama yang harus Anda miliki.
Salah satu cara untuk menurunkan hambatan masuk kedalam ekspansi internasional adalah dengan memasuki negara-negara yang mirip dengan negara Anda. Ini bisa berupa negara dengan bahasa yang sama (Inggris Raya, Kanada, Australia, Irlandia, dll.), berdekatan atau dengan demografi serupa, seperti seberapa besar daya beli yang dimiliki masyarakat. Namun, ada banyak perbedaan budaya dan bahasa regional antara negara-negara seperti AS dan Inggris. Di sinilah riset pasar dibutuhkan.

Lakukan Riset Pasar Menyeluruh

Riset pasar sangat penting dilakukan untuk setiap kampanye pemasaran, terutama dalam upaya ekspansi internasional. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika menilai pasar luar negeri:
  1. Perbedaan Budaya – Perbedaan budaya merupakan perhatian pertama yang serius. Sangat penting bagi Anda untuk memahami kebiasaan, tradisi, keyakinan agama, dan bagaimana mereka sesuai atau berbenturan dengan apa yang diwakili oleh merek Anda.
  2. Ekonomi - Apakah ada resesi yang sedang berlangsung atau lonjakan investasi dan pertumbuhan? Economic timing merupakan faktor penting ketika memutuskan proyek pemasaran internasional.
  3. Legalitas dan Peraturan - Hukum bervariasi dari satu negara dengan negara lain. Hal ini terutama berlaku jika menyangkut alkohol atau zat lain, modifikasi kendaraan, dll. Misalnya, pengawet makanan tertentu yang legal di AS adalah ilegal di Eropa, 
  4. Politik - Apakah wilayah target Anda lebih konservatif atau lebih liberal? Apakah ada stabilitas politik? Faktor-faktor ini memainkan peran besar tidak hanya dalam mentalitas tetapi juga apakah itu layak untuk investasi ketika stabilitas menjadi masalah.
  5. Biaya - Seberapa mahal untuk melakukan bisnis di negara ini? Pengiriman, lisensi, dan layanan terjemahan dapat dengan cepat menambah biaya overhead. Beberapa negara memiliki pajak dan biaya yang mahal untuk bisnis yang mungkin merupakan jebakan yang mengejutkan, dan sama sekali tidak layak untuk dihadapi. 
  6. Demografi - Beberapa negara memiliki populasi yang jauh lebih tua atau lebih muda daripada yang lain. Misalnya, 26% orang di Jepang berusia di atas 65 tahun. Daya beli juga merupakan pertimbangan penting: Apakah cukup banyak orang yang mampu membeli produk atau layanan Anda?

SEO Global dengan Hreflangs dan Tautan Canonical

Iklan sosial yang ditargetkan secara lokal adalah cara yang bagus untuk memasarkan secara internasional, membangun SEO global Anda adalah pendekatan jangka panjang yang lebih baik. Jika Anda telah membangun pasar luar negeri untuk produk Anda, maka berinvestasi dalam SEO Anda sangat disarankan.
Pemasaran internasional kemungkinan akan mengharuskan Anda untuk memiliki versi bahasa terpisah dari situs web, memaksimalkan SEO Anda, dan memberikan UX yang lancar dengan menggunakan tag hreflang dalam kode Anda. 
Praktik yang baik adalah menggunakan tautan kanonik untuk memberi tahu Google bahwa versi dari situs Anda bukanlah konten duplikat. Tag HReflang menyajikan versi situs yang sesuai kepada pengguna berdasarkan lokasi dan karenanya mengurangi bounce rates.

Akun Sosial Khusus (Location Specific Social Accounts)

Seperti memiliki beberapa versi bahasa di situs Anda, Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk melakukan hal yang sama untuk akun sosial. Orang-orang menginginkan konten dalam bahasa asli mereka dan ini membantu Anda sebagai pemasar untuk terhubung dengan mereka dengan segala cara yang memungkinkan. Karena itu, jika Anda menjalankan operasi yang relatif kecil, mungkin berlebihan untuk mempertahankan akun sosial internasional.
Jika Anda menerima banyak permintaan dan komunikasi dalam bahasa asing, Anda mungkin harus membuat akun sosial untuk bahasa atau wilayah tersebut.

Tahapan Menjadi Pemasar Internasional

Terdapat empat tahap menjadi pemasaran Internasional yang profesional, yaitu: 
Tahapan Pemasaran Internasional

1. Non Foreign Marketing

Pada tahapan ini perusahaan sudah berhubungan dengan dunia internasional tetapi bukan karena inisiatif sendiri atau belum ada usaha sendiri untuk memasarkan keluar negeri
Produk perusahaan yang beredar dipasar internasional hanya karena pesanan dari luar negeri 
atau pelanggan asing datang ke perusahaan atau ke negara asal kemudian mereka melihat suatu produk yang unik dan menarik yang akhirnya mereka berkeinginan memesan produk tersebut.
Hal ini biasanya banyak terjadi pada Expo-expo maupun pameran produk yang digelar disetiap negara.
Maka ada baiknya setiap perusahaan untuk mengikuti Expo terutama yang dihadiri oleh perusahaan-perusahaan asing 

2. Infrequen Foreign Marketing

Pada tahap ini, perusahaan mulai memasarkan sendiri ke pasar luar negeri tapi hanya apabila mempunyai surplus produksi, apabila pasar domestik masih mampu menyerap produknya maka kegiatan nih ditinggalkan atau dihilangkan.
Pada tahap kedua ini belum ada penyesuaian organisasi maupun produk-produknya untuk dipasarkan secara internasional.
Jadi pihak perusahaan hanya akan memproduksi atau hanya akan melakukan ekspor apabila pasar domestik sudah tidak mampu menyerap lagi produk mereka secara optimal
Apabila ada kelebihan produk maka perusahaan akan melakukan ekspor tetapi apabila tidak ada kelebihan, maka perusahaan tidak melakukan aktifitas ekspor ke luar negeri

3. Reguler Foreign Marketing 

Pada tahap ini, produsen sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan produknya ke pasar asing. Baik dipasarkan sendiri maupun melalui penyalur domestik ataupun distributor asing. 
Tujuannya memang untuk melakukan ekspansi pasar domestik dan sudah mulai berusaha memahami kebutuhan maupun keinginan dari pemasaran internasional. 
Perusahaan yang berada pada tahapan ini biasanya mereka sudah mulai menganalisis kebutuhan dan keinginan dari pelanggan mereka diluar negeri dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut di pasar internasional. 

4. Global Marketing Operation

Pada fase ini produsen benar-benar telah terlibat dengan dunia internasional secara global,
kegiatannya tidak hanya terbatas pada pemasaran saja tapi sudah merencanakan operasional produksi maupun organisasinya untuk bersaing di dunia pasar global
Jadi, perusahaan pada tahap ini sudah siap betul untuk fight di lingkungan pemasaran Internasional dan negara-negara yang mereka tuju. 

Pemilihan Strategi Pemasaran

Ada beberapa pilihan strategi pemasaran yang dapat dipilih untuk memenangkan persaingan di pasar internasional, diantaranya:
Lisensi
Ekspor 
Foreign Direct Investment 
Franchising
Internasional Joint Venture 
Contract Manufacturing 
Pemilihan Strategi Pemasaran Internasional

1. Lisensi 

Lisensi adalah strategi dimana Anda memperbolehkan perusahaan asing memproduksi barang-barang mereka dengan produk dan merek milik Anda. 
Disini Anda akan mendapatkan imbal balik atau royalty tapi tidak maksimal namun juga mempunyai resiko yang sangat kecil untuk rugi.
Contohnya: Disney Consumer Product, Iconic Brand Group, Dan Philip Van Housen Cooperation.
Ketiga perusahaan ini yang sukses melakukan strategi lisensi.

2. Ekspor 

Melakukan Ekspor produk hampir sama dengan menjual produk diluar tempat bisnis Anda saat ini. Hanya saja produk Anda dikirim keluar negeri,  dan untuk melakukan ekspor ini, memerlukan beberapa dokumen, ijin, dan proses yang harus dilalui.
Perusahaan Indonesia yang sukses melakukan ekspor ini adalah ada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. 
Meskipun perusahaan induknya berada di Jepang, tetapi perusahaan ini berada di Indonesia, mereka sukses melakukan ekspor terbaik dan jumlah terbesar nomor satu di Indonesia.

3. Franchising 

Franchising merupakan sebuah perjanjian kesepakatan antara seseorang yang memiliki bisnis untuk dipergunakan bisnisnya berbeda dengan lisensi yang terbatas, hanya memproduksi barang saja. Franchising benar-benar seperti duplikat perusahaan.
Franchising dilakukan dengan cara membuat perjanjian dengan pihak keduanya bahwa akan digunakan bisnisnya. 
Hampir sama dengan lisensi hanya saja franchising seperti duplikat perusahaan Anda sendiri. 
Contoh dari pilihan strategi pemasaran ketiga adalah Subway, McD, Pizza Hut dan KFC. Ketiga perusahaan tersebut menerapkan adalah strategi franchising.
Contoh perusahaan lokal yang sudah menerapkan strategi ini adalah Indomaret,  Alfamart. dan de Besto.

4. Contract Manufacturing 

Contract Manufacturing atau Strategi produksi kontrak adalah jenis peraturan kontrak, dimana perusahaan Anda mengadakan peraturan kontrak bahwa perusahaan Anda bersedia memproduksikan barang bagi perusahaan lain, produk yang sesuai dengan spesifikasi perusahaan yang akan membeli produk Anda yang akan mereka pasarkan sendiri.
Biasanya, perusahaan yang menggunakan jasa mereka ini adalah perusahaan yang ingin fokus pada marketing saja. 

5. Joint Venture 

Joint venture adalah perjanjian bisnis antara dua atau lebih pihak untuk mengumpulkan sumber daya mereka dan mencapai tujuan tertentu.
Dengan kata lain, semua pihak yang terlibat dalam joint venture patungan untuk membentuk entitas bisnis baru atau sekadar memaksimalkan segi aktiva dan operasi. Perjanjian ini bisa dilakukan dalam jangka pendek maupun panjang, tergantung kesepakatan antara kedua belah pihak. 
Namun, joint venture tidak berlaku selamanya. Setelah tujuan terpenuhi, setiap perusahaan akan kembali beroperasi seperti sedia kala.
Setiap perusahaan tetap mempertahankan identitasnya masing-masing ketika menjalani joint venture. 
Dalam kerja sama ini, semua perusahaan turut bertanggung jawab atas keuntungan, kerugian, dan biaya-biaya lain yang dibutuhkan. 
Joint venture  adalah solusi yang tepat bagi dua atau lebih entitas bisnis yang merasa dirinya belum cukup kuat untuk melawan kompetitor. Alasannya bisa beragam, mulai dari kekurangan sumber daya, dana, atau belum mampu berjuang sendirian. 
Oleh karena itu, mereka harus mengajak perusahaan lain untuk bekerja sama dalam menciptakan sesuatu yang luar biasa. Tak heran, banyak perusahaan start up melakukan bentuk kerja sama ini.

6. Foreign Direct Investment

Foreign Direct Investment adalah sebuah proses atau cara dalam melakukan investasi ke luar negeri. Yang dimaksud dengan FDI ini adalah, di mana perusahaan multinasional membangun anak perusahaan mereka di negara lain yang menjadi tujuan ekspor untuk mempermudah kegiatan ekspor impor, dan juga menghemat biaya. 
Contoh perusahaan multi nasional yang menerapkan strategi ini adalah, Toyota. 
Sedangkan contoh perusahaan lokal yaitu Indofood, dimana  mereka sudah memiliki pabrik dan kantor di beberapa negara yang mereka sasar.

Pemasaran internasional saat ini menjadi lebih mudah dan menjadi semakin mudah. Social media ads, Google Ads, online shopping dan banyak alat lainnya membuat pemasar dapat menjangkau audiens dengan cara baru yang mengejutkan. Karena itu, sangat penting untuk melakukan penelitian menyeluruh tentang perbedaan budaya dan berinvestasi dalam pemasaran internasional. Beberapa merek telah sukses dengan standarisasi pemasaran global, tetapi strategi pemasaran yang lebih bertarget lokal sangat dianjurkan. Ambil beberapa inspirasi dari contoh di atas dan lihat bagaimana Anda dapat berbicara kepada orang-orang dalam bahasa mereka sendiri secara harfiah.

Ikuti juga: Rekomendasi Situs Web Penting Untuk Civitas Akademika

Baca selengkapnya: Syarat Pengajuan Guru Besar dan Lektor Kepala Sekarang Lebih Fleksibel

Baca juga: Memahami Novelty, State of the Art, dan Research Gap

Materi lainnya: Materi Kuliah

Baca selengkapnya: Strategi Digital Marketing bagi UMKM

Setiap orang mengalami permasalahan dan kondisi yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang dapat membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!


Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Posting Komentar