Strategi Segmentasi Targeting dan Positioning (STP)
Strategi pemasaran Segmenting Targeting Positioning (STP) merupakan 3 rangkaian proses yang harus dilalui pada penetapan sebuah strategi bisnis.
Strategi STP sangat berpengaruh terhadap citra, brand image, hingga pemasaran secara keseluruhan.
Strategi ini mencakup proses mengkategorikan, membidik pasar yang diinginkan, lalu memposisikan pemasaran bisnis secara unik dibandingkan pesaing.
Dalam penerapannya, implementasi dari strategi pemasaran STP ini sebenarnya cukup sederhana.
Ikuti video ini sampai tuntas agar pengelolaan bisnis Anda menjadi lebih mudah.
Ikuti juga: Rekomendasi Situs Web Penting Untuk Civitas Akademika
Baca juga: Tips Perencanaan Pensiun di Era Digital
Baca selengkapnya: Syarat Pengajuan Guru Besar dan Lektor Kepala Sekarang Lebih Fleksibel
Baca juga: Memahami Novelty, State of the Art, dan Research Gap
Materi lainnya: Materi Kuliah
Baca selengkapnya: Strategi Digital Marketing bagi UMKM
Setiap orang mengalami permasalahan dan kondisi yang berbeda. Apakah menurut Anda tips ini berguna?. Apakah ada tips lain yang dapat membantu Anda?. Bagikan pemikiran Anda dengan kami pada bagian komentar di bawah!
Iswadi (200261101039)
BalasHapusDalam menyusun sebuah srategi mungkin diperlukan manajemen khusus untuk kemajuan sebuah perusahaan atau marketing, hal hal yang bisa kita utamakan dalam perumusan strategi apa saja ya pak...atau bisa bebas kita buat dengan melihat pangsa pasar sesuai keadaan nya....
Terima kasih pak Iswadi. Hal utama yang paling penting dalam formulasi strategi adalah analisis kondisi internal perusahaan dan analisis lingkungan eksternal perusahaan. Tahap ini ini menjadi langkah awal dan sangat penting karena akan menentukan posisi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang ada. Selamat mencoba
HapusMateri yang diberikan sangat menarik,,Krn disajikan dlm bentuk animasi,,materi didlmnya jg di narasikan secara lengkap,,di video y BPK bagikan dijlaskan bahwa menentukan dominan segmentasi dilakukan mlaui survey mllui instgram(online),,klu konvensional survey apa y bisa diterapkan spy LBH ekonomis,efektif dan efisien..terimakasih
BalasHapus(Yuni Sriyanti)
Terima kasih bu Yuni. Banyak alternatif pilihan yang dapat ditempuh untuk melakukan survey. Secara konvensional biasanya perusahaan melakukan survey pasar, wawancara, atau angket kuesioner. Tetapi saat ini metode online dan survey melalui media sosial dipandang lebih efektif dan efisien. Good Luck!
HapusSyukri Abdul Jalil ( 200261101038
BalasHapusAssalamualaikum wr.wb
Mohon Izin Pak Untuk bertanya
1. Bagaimanakah Segmentasi Pasar yang tidak Efektif ?
2.Apa Saja Segmentasi Pasar yang tepat untuk Pemasaran ?
Terimakasih
Terima kasih pak Syukri. Segmentasi yang tidak efektif adalah segmentasi yang tanpa format dan perencanaan atau bisa jadi juga karena tanpa survey awal sehingga dapat berakibat pada salah dalam penentuan target dan positioningnya. Segmentasi pasar yang tepat adalah segmentasi yang berbasis pada pemetaan pelanggan atau calon pelanggan yang akurat sesuai dengan produk/layanan yang ditawarkan.
HapusAss...pak, bagaimana menglihat hasil pasar, jika barang baru selalu bermuculan, dan bagaimana cara mengatasi cara agar bisnis atau produk kita laku di pasaran, seperti produk pupuk, yg setiap tahun selalu bermuculan dan harga pun di banting harganya, ada apa solusi agar produk kita laku di pasar,...
BalasHapusNora Saputri (200261101027)
BalasHapusAssalamualaikum wr.wb
Mohon izin pak untuk bertanya
1. Bagaimana cara kita membuat target pasar yang tepat agar produk yg kita produksi berkembang pesat ?
Terimakasih 😊
Trima kasih bu Nora. Target pasar yang tepat adalah target pasar yang berdasarkan dan didahului dengan pendekatan segmentasi. Sehingga langkah segmentasi menjadi kunci sukses untuk terget pasar.
HapusAsalammualaikum wr wb. Setelah saya menonton vidio tentang stegmen pasar materi nya ini sungguh luar biasa sangat menarik. Dan menjadi bahan tontonan materi yang luar biasa pak. Setelah saya menonton vidio nya dan menjadi yang menjadi pertanyaan saya pak. Bagaimana cara membuat postioning product yang tepat ?apa yang terlebih dahulu harus kita lakukan ? Trimksh pak
BalasHapusMAILIYANA (200261101045
HapusTerima kasih Bu Mailiyana. Langkah awal tetap harus melalui survey pendahuluan dan sedikit analisis tentang potensi pasar. Meskipun sederhana, langkah ini menjadi kunci sukses bagi tahap segmentasi, targeting, dan positioning
HapusDewi Sri maharani
BalasHapus