Strategi Segmentasi Targeting dan Positioning (STP)

 



Klik link Youtube: https://youtu.be/IjJUm45VTu4
 

Strategi pemasaran Segmenting Targeting Positioning (STP) merupakan 3 rangkaian proses yang harus dilalui pada penetapan sebuah strategi bisnis.

 Strategi STP sangat berpengaruh terhadap citra, brand image, hingga pemasaran secara keseluruhan.

Strategi ini mencakup proses mengkategorikan, membidik pasar yang diinginkan, lalu memposisikan pemasaran bisnis secara unik dibandingkan pesaing.

Dalam penerapannya, implementasi dari strategi pemasaran STP ini sebenarnya cukup sederhana.

Ikuti video ini sampai tuntas agar pengelolaan bisnis Anda menjadi lebih mudah.

Mariyudi.id
Mariyudi.id mariyudi.id adalah portal yag menyajikan aktivitas menarik di bidang manajemen strategi, manajemen pemasaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

13 komentar

  1. Iswadi (200261101039)
    Dalam menyusun sebuah srategi mungkin diperlukan manajemen khusus untuk kemajuan sebuah perusahaan atau marketing, hal hal yang bisa kita utamakan dalam perumusan strategi apa saja ya pak...atau bisa bebas kita buat dengan melihat pangsa pasar sesuai keadaan nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Iswadi. Hal utama yang paling penting dalam formulasi strategi adalah analisis kondisi internal perusahaan dan analisis lingkungan eksternal perusahaan. Tahap ini ini menjadi langkah awal dan sangat penting karena akan menentukan posisi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang ada. Selamat mencoba

      Hapus
  2. Materi yang diberikan sangat menarik,,Krn disajikan dlm bentuk animasi,,materi didlmnya jg di narasikan secara lengkap,,di video y BPK bagikan dijlaskan bahwa menentukan dominan segmentasi dilakukan mlaui survey mllui instgram(online),,klu konvensional survey apa y bisa diterapkan spy LBH ekonomis,efektif dan efisien..terimakasih
    (Yuni Sriyanti)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu Yuni. Banyak alternatif pilihan yang dapat ditempuh untuk melakukan survey. Secara konvensional biasanya perusahaan melakukan survey pasar, wawancara, atau angket kuesioner. Tetapi saat ini metode online dan survey melalui media sosial dipandang lebih efektif dan efisien. Good Luck!

      Hapus
  3. Syukri Abdul Jalil ( 200261101038
    Assalamualaikum wr.wb
    Mohon Izin Pak Untuk bertanya
    1. Bagaimanakah Segmentasi Pasar yang tidak Efektif ?

    2.Apa Saja Segmentasi Pasar yang tepat untuk Pemasaran ?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Syukri. Segmentasi yang tidak efektif adalah segmentasi yang tanpa format dan perencanaan atau bisa jadi juga karena tanpa survey awal sehingga dapat berakibat pada salah dalam penentuan target dan positioningnya. Segmentasi pasar yang tepat adalah segmentasi yang berbasis pada pemetaan pelanggan atau calon pelanggan yang akurat sesuai dengan produk/layanan yang ditawarkan.

      Hapus
  4. Ass...pak, bagaimana menglihat hasil pasar, jika barang baru selalu bermuculan, dan bagaimana cara mengatasi cara agar bisnis atau produk kita laku di pasaran, seperti produk pupuk, yg setiap tahun selalu bermuculan dan harga pun di banting harganya, ada apa solusi agar produk kita laku di pasar,...

    BalasHapus
  5. Nora Saputri (200261101027)
    Assalamualaikum wr.wb
    Mohon izin pak untuk bertanya
    1. Bagaimana cara kita membuat target pasar yang tepat agar produk yg kita produksi berkembang pesat ?

    Terimakasih 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trima kasih bu Nora. Target pasar yang tepat adalah target pasar yang berdasarkan dan didahului dengan pendekatan segmentasi. Sehingga langkah segmentasi menjadi kunci sukses untuk terget pasar.

      Hapus
  6. Asalammualaikum wr wb. Setelah saya menonton vidio tentang stegmen pasar materi nya ini sungguh luar biasa sangat menarik. Dan menjadi bahan tontonan materi yang luar biasa pak. Setelah saya menonton vidio nya dan menjadi yang menjadi pertanyaan saya pak. Bagaimana cara membuat postioning product yang tepat ?apa yang terlebih dahulu harus kita lakukan ? Trimksh pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAILIYANA (200261101045

      Hapus
    2. Terima kasih Bu Mailiyana. Langkah awal tetap harus melalui survey pendahuluan dan sedikit analisis tentang potensi pasar. Meskipun sederhana, langkah ini menjadi kunci sukses bagi tahap segmentasi, targeting, dan positioning

      Hapus